Blogger Jateng

Menghitung Angka Inflasi Ekonomi

Coba kau sedikit mengingat ke belakang, berapa harga satu mangkuk bubur ayam tahun lalu?. 

Lalu berapa harganya kini, apakah sama atau mengalami peningkatan?. Jika naik maka itu adalah inflasi.
Pernahkah Anda mendengar perihal inflasi pada info? Pernah bertanya-tanya bagaimana inflasi dijumlah?. Pada artikel ini Anda akan berguru apa itu tingkat inflasi dan cara mengkalkulasikannya.
Menghitung Laju Inflasi

Tingkat inflasi adalah pengukuran kenaikan harga yang baik atau layanan selama jangka waktu berlalu tercermin sebagai persentase. Itu biasanya diukur secara bulanan dan tahunan di Amerika Serikat.
Inflasi yaitu kenaikan tingkat harga umum di seluruh spektrum produk yang luas. Inflasi di Amerika Serikat lazimnya diukur menggunakan indeks harga konsumen (CPI).  

Menurut Amerika Serikat Bureau of Labor Statistics, CPI adalah 'ukuran rata-rata pergantian dari waktu ke waktu dalam harga yang dibayar oleh pelanggan perkotaan untuk keranjang pasar konsumen barang dan jasa.'
Kebalikan dari inflasi disebut deflasi, yang adalah penurunan tingkat harga biasa untuk barang dan jasa. Hal ini pada dasarnya tingkat inflasi yang negatif. Gambar: disini
 Menghitung Angka Inflasi Ekonomi
Inflasi selalu terjadi tiap tahun
Rumus tingkat inflasi
Untuk menjumlah tingkat inflasi untuk produk atau layanan, Anda perlu harga barang atau jasa untuk dua masa waktu yang bersangkutan. Anda kemudian memakai rumus ini untuk mengkalkulasikan tingkat inflasi:
Laju inflasi = ((T2-T1) / T1) x 100
T1 = harga untuk kala waktu yang pertama (atau nomor permulaan) T2 = harga untuk periode waktu kedua (atau nomor selsai)
Berikut yakni teladan. Mari kita memberikan bahwa harga sebuah televisi layar datar 32-inci $400 tahun lalu namun harganya tahun ini menjadi $410. Berapakah tingkat tahunan inflasi untuk televisi layar datar 32-inci?
Laju inflasi = ((T2-T1) / T1) x 100 Laju inflasi = ((410-400) / 400) x 100 Laju inflasi = (10 / 400) x 100 Laju inflasi = 0.025 x 100 Laju inflasi = 2,5%