Blogger Jateng

Mengapa Tornado Sering Terjadi di Amerika?

Halo teman geografi sekalian, kali ini saya akan sedikit membahas wacana mega disaster yang sedang melanda Amerika yaitu Badai Irma. 

Badai Irma walaupun namanya bagus, tapi dia ialah suatu angin ribut siklon raksasa yang sungguh berbahaya. Badai Irma tergolong Tornado kategori 5 atau yang tertinggi levelnya. 

Terus, mengapa kok Amerika Serikat sering diserang tornado setiap tahun, padahal mereka kan negara mutakhir?. 

Itu gak ada kaitannya dengan kecanggihan negara bro, namun memang keadaan fisikalnya memungkinkan angin kencang terjadi di Amerika. Lebih dari 1.000 tornado terjadi di Amerika setiap tahunnya.

Baca juga:
Pembahasan SBMPTN Geografi 2014
Pembahasan SBMPTN Geografi 2015
Amerika Serikat banyak dihantam angin kencang alasannya adalah kedatangan Pegunungan Rocky dan Teluk Meksiko. Kedua kondisi alam tersebut menciptakan tiga materi utama yang dibutuhkan untuk terbentuknya angin kencang. 

Selain itu ada 3 faktor lain yang membentuk angin ribut yakni, udara hangat yang lembab, udara sejuk yang kering danangin horisontal yang naik.
 tentang mega disaster yang sedang melanda Amerika yaitu Badai Irma Mengapa Tornado Sering Terjadi di Amerika?
Hurikan Irma yang berbahaya
Selain itu alasannya rotasi bumi, angin hampir senantiasa belok ke arah barat alasannya imbas Coriolis. Garis lintang tengah dunia ialah antara 30 dan 50 derajat adalah lingkungan terbaik bagi suatu topan torndao untuk meningkat . 

Ini ialah tempat dimana udara acuh taacuh kutub bertemu dengan udara hangat dari khatulistiwa dan menimbulkan hujan konvektif di batas pertemuannya. 

Selain itu udara di lintang tengah selalu berhembus dengan kecepatan berbeda dan arah berlainan pada tingkat atmosfer tertentu sehingga memfasilitasi rotasi sel tornado.
Jadi yang namanya topan/taifun itu selalu muncul di lintang tengah ya dan gak bakal ada di khatulistiwa mirip indonesia. Tornado akan berbelok arah dikala meraih khatulistiwa alasannya efek Coriolis. Paling jikalau di Indonesia hanya skala lokal ialah Angin Puting Beliung. Baca juga: Bedanya siklon dan puting beliung
Tornado paling banyak memukul daerah timur Amerika Serikat mirip Oklahoma, Kansas dan gres-baru ini Florida. Hurikan Irma memaksa lebih dari 6 juta orang mengungsi untuk menyingkir dari bencana besar ini. 
Lalu kenapa angin kencang siklon di Amerika senantiasa pakai nama wanita yaitu Katrina, Harvey, Irma, Moore dll. Itu sejarahnya semenjak Perang Dunia II dikala para tentara AS sering menggunakan nama anak/isterinya untuk instruksi penerbangan/keadaan cuaca ketika perang. Makara nama topan di Amerika juga untuk mengklasifikasikan kekuatan dan jenis badai yang berbeda.  

Baca juga: Soal desain geografi dan jawabannya
Gambar: disini