Blogger Jateng

Jenis Tumbuhan Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis ialah salah satu bioma yang tersebar di daerah khatulistiwa dan ialah tipe vegetasi yang lebat. 

Hutan ini tersebar dari daerah dataran rendah hingga pegunungan yang punya curah hujan merata sepanjang tahun. Suhu udaranya antara 25-26 derjaat C dengan kanopi hujan yang rapat.

Kanopi adalah jenis hutan yang mempunyai pohon tinggi. Hutan tropis punya kompleksitas kehidupan yang tinggi. Baca juga: Ekosistem bioma air tawar

Persebaran hutan hujan terdapat di Lembah Sungai Amazon yang meluas hingga ke Karibia, Teluk Meksiko, Kolombia dan Ekuador. 

Kemudian disepanjang khatulistiwa di Afrika Tengah, Afrika Barat sampai Afrika Timur dan Madagaskar, India, Sri Langka, Indonesia, Filipina dan Fiji. 

Jenis flora yang menghuni hutan hujan tropis antara lain pohon kayu berskala besar dan tinggi, terna, tumbuhan pemanjat, efifit, flora pencekik, saprofit dan benalu.
Hutan hujan tropis merupakan salah satu bioma yang tersebar di daerah khatulistiwa dan mer Jenis Tumbuhan Hutan Hujan Tropis
Hutan tropis yang lembab
1. Pohon-Pohon Hutan
Jenis hutan ini punya ukuran tinggi yang disebut kanopi atau tajuk pohon, tajuk ini berlapis-lapis. Tajuk lazimnya tidak beraturan, pohon tingkat tinggi (A) sering berjauhan dan jarang. 

Pohon tingkat B memiliki ketinggian 15-30 m. Pohon tingkat C lazimnya lebih kecil dan kerdil dengan ketinggian 5-15 meter.

2. Terna
Jenis vegetasi ini terdapat di belahan hutan yang lapisanpohonnya jarang, tumbuhannya terdiri dari semak atau paku-pakuan. Tinggi terna tidak lebih dari 5 m dan ada di lokasi hutan yang terbuka atau di pinggir fatwa sungai.
Strata hutan hujan
3. Tumbuhan Pemanjat
Tumbuhan pemanjat ini disebut juga liana. Tumbuhan ini membelit pohon hingga ke atas mencari matahari. Seperti kawat atau tail dan ukurannya setebal paha pria dewasa. Panjangnya mampu meraih 200 m. 

Liana ini kadang kala memanjat dari satu pohon ke pohon lain. Liana dapat dijumpai di pinggiran sungai yang merupakan flora khas tropis.

4. Efifit
Efifit ialah vegetasi yang melekat atau menempel pada batang atau dahan pohon lain. Jenis tumbuhan ini tidak kuat buruk pada tanaman yang ditempelinya. Efifit terdapat juga pada flora yang telah mati. 

Efifit ini ialah flora yang umum ditemui di daerah tropis. Contohnya anggrek, kadaka, algae, lumut kerak, lumut daun dan lumut hepar.
Hutan hujan tropis merupakan salah satu bioma yang tersebar di daerah khatulistiwa dan mer Jenis Tumbuhan Hutan Hujan Tropis
Raflessia Arnoldi
5. Tumbuhan Pencekik
Tumbuhan ini awalnya ialah efifit dengan akar menjulur ke bawah sampai ke tanah hingga tidak bergantung pada inangnya. Tumbuhan ini pada risikonya membunuh pohon yang semula memberikan sumber makan seperi Piccus spp. 

6. Safrofit
Jenis tanaman ini menerima sumber masakan dari pohon yang telah mati. Tumbuhan ini terdapat pada lantai hutan yang banyak terdapat batang dan daun yang telah mati.

7. Parasit
Parasit terdiri atas dua jenis yakni benalu akar yang berkembang di atas akar mirip Rafflessia arnoldi. Kemudian hemiparasit atau setengah parasit yang berkembang seperti efifit di atas pohon mirip benalu. 

Baca juga: Rangkuman bab dinamika biosfer lengkap

Gambar: disini, disini