Blogger Jateng

Fungsi Desa Bagi Wilayah Sekitarnya

Desa ialah daerah administrasi yang berada di bawah kabupaten. Apakah kamu bahagia tinggal di desa?.

Indonesia dibangun dari desa-desa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Desa memiliki fungsi yang sagnat vital bagi daerah disekitarnya diantaranya:

1. Sumber materi mentah 
Desa menawarkan kebutuhan pokok bagi wilayah perkotaan, contohnya beras, padi, sayurna, ikan dan buah-buahan. Desa terkenal dengan kawasan agraris sehingga nyaris semua bahan pangan berasal dari desa. Baca juga: Soal rancangan geografi dan jawabannya

2. Sumber tenaga kerja
Pemanfaatan peluangtenaga kerja produktif di pedesaan menjadi masalah utamanya bagi desa yang penduduknya secara umum dikuasai petani. Umumnya masyarakatusia produktif tidak melakukan pekerjaan di desa alias menganggur. 

Hal ini karena sempitnya lapangan kerja dan upah buruh yang kecil. Hal ini yang memicu urbanisasi pekerja dari desa ke kota.

3. Mitra pembangunan
Dua fungsi desa di atas memberikan adanya interaksi desa kota dan interaksi yang berkesinambungan tersebut menciptakan desa kota menjadi suatu mitra. 

Desa memasok materi mentah ke kota sementara kota memasok materi jadi ke desa. Baca juga: Soal USBN geografi 2017 dan jawabannya
Desa sebagai pelestari kearifan lokal
4. Sebagai hinterland
Disini desa bertindak selaku tempat penyokong atau penyuplai keperluan penduduk kota. Desa menjadi pendukung pemekaran kawasan kota. 

Tidak dilema bahwa Jakarta menyuplai susu kuda liar dari desa di Sumbawa misalnya. Ini memiliki arti Kota Jakarta disokong pula kebutuhannya oleh desa yang jauh di Flores sana. 

5. Pelestari kebudayaan lokal
Kearifan setempat sekarang cuma mampu kamu jumpai di masyarakat desa. Hal ini menyebabkan budaya lokal selaku kesempatandesa dan harus dilestarikan. 

Desa dikala ini berfungsi selaku pelestari kebudayaan lokal dan nilai-nilai kearifan nenek moyang bangsa Indonesia yang telah ada semenjak jaman dahulu. 

Kini banyak desa-desa wisata meningkat untuk menarik turis dan memperlihatkan sisi kearifan lokal yang masih terpelihara. Baca juga: Soal Prinsip Geografi dan Pembahasannya

Gambar: disini