Blogger Jateng

Aliran Energi Dalam Ekosistem

Kamu tahu kan tentag piramida di Mesir yang bentuknya segitiga itu?. Lalu apa kaitannya dengan Piramida Energi yang ada di artikel ini?. 

Sebelum measuk ke mekanisme piramida energi aku akan kasih sedikit pendahuluan dulu. Tahu tidak jikalau selama ini kita hidup dengan energi yang ditransfer matahari hingga sampai ke badan kita?. 

Artinya kita punya energi matahari gitu?. Sekilas memang begitu benar adanya.

Saat mahluk hidup atau organisme mengkonsumsi mahluk hidup yang lain maka energi akan dipindahkan. Sebuah piramida energi mampu digunakan untuk melihat aliran energi di kehidupan ini.

Definisi Piramida Energi
Saat kita membayangkan ihwal rantai kuliner atau jaring masakan maka kita umummembayangkan seekor singa memangsa zebra atau ular memangsa kodok di sawah. 

Kita membayangkan satu organisme disantap organisme lain dan menjadikan karnivora berada di puncak rantai masakan.

Meskipun hal ini menunjukkan kekerabatan ekologi antar organisme namun tidak mampu menunjukkan fatwa energi melali ekosistem.

Disinilah piramida energi berguna untuk mengukur transfer energi dari satu organisme ke organisme yang lain pada suatu rantai masakan. 

Energi akan menyusut saat kau bergerak lewat tingkat torfik dari bawah menuju atas piramida.

Jadi kita bisa menggarisbawahi bahwa diagram piramida energi yakni transfer energi lewat rantai kuliner. Lalu darimana asalah energi tersebut dan bagaimana bisa hingga ke tubuh kita?.
Kamu tahu kan tentag piramida di Mesir yang bentuknya segitiga itu Aliran Energi Dalam Ekosistem
Transfer energi dalam ekosistem
1. Energi dimulai dari matahari
2. Tanaman menciptakan energi metabolik melalui fotosintesis dimana sekitar 10% energinya tersimpan dalam jaringan mereka dan menjadi sumber kuliner bagi herbivora. Sisa energi matahari digunakan oleh tanaman dalam proses metabolisme kemudian hilang selaku panas atua limbah.
3. Dari jumlah 10% energi yang dikonsumsi herbivora hanya 10% yang disimpan di jaringannya untuk disantap oleh karnivora. Sama seperti tanaman, 90% energi metabolik yang lain digunakan herbivora untuk fungsi lain, kehilangan panas dan limbah.
4. Proses ini berlanjut hingga setiap karnivora dibawahnya cuma mewarisi 10% energi dari tingkat sebelumnya.
5. Pada dikala energi matahari orisinil mencapi puncak piramida, hanay 0,1% energi yang dikonsumsi oelh predator teratas sisanya hilang oleh proses metabolisme.
6. Dekomposer seperti basil, cacing dan jamur mendapatkan sedikit energi dari mahluk hidup yang mati.

Makara begitulah kira-kira tingkatan alur perpindahan energi matahari sampai hingga ke badan kita. Jadi energi kita adalah energi matahari dan tidak ada alasan untuk tidak produktif. 

Gambar: disini