Blogger Jateng

Wisata Menyelam Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah

Potensi rekreasi Indonesia sekarang sudah sungguh beragam dan menjadi salah satu andalan pembangunan nasional. 

Kali ini aku akan bercerita sedikit wacana pengalaman mendatangi rekreasi alam di Klaten yaitu Umbul Ponggok. 

Umbul Ponggok merupakan salah satu lokasi rekreasi yang sedang hits di Jawa Tengah terutama Klaten dan Solo.
Tahun kemudian ketika saya pulang kampung ke Jogjakarta, saya bareng keluarga sempat mengunjungi tempat ini alasannya adalah ingin tau. Kami bertiga berangkat dari Bantul memakai motor melalui jalur Ring Road hingga menuju arah Solo. 

Jarak dari Bantul sekitar 60an km, cukup jauh juga. Tapi bila pakai motor gak kerasa sebab sambil nikmati panorama sepanjang jalan.

Rute yang dilalui bahu-membahu cukup mudah dengan mengikuti jalan utama menuju Solo. Setelah melalui kota Klaten maka kami sampai melewati Terminal Penggung. 

Nah sempurna seberang terminal ada belokan ke arah kiri, kemudian kami belok lewat jalan desa dan sekitar 5 km kami hingga di Umbul Ponggok.
Kolam Umbul Ponggok Klaten
Umbul Ponggok adalah rekreasi kolam pemandian yang konon sudah ada semenjak zaman Belanda. Lokasinya persis di samping jalan. Motor kemudian diparkir dan beli karcis masuk 5.000 rupiah. 

Jika mau snorkling atau menyelam maka harus bayar alat-alat 20.000 rupiah. Kolam Umbul Ponggok sungguh jernih dan di bawahnya terdapat aneka macam macam dekorasi mulai dari becak sampai motor lho dan tentu saja ikan-ikan anggun berwarna-warni.
Untuk mendapatkan foto terbaik maka kamu harus punya kamera underwater. Kedalaman kolam air yang berasal dari mata air ini berkisar dari 1-2 m. Setiap tamat pekan atau demam berita liburan tiba, rekreasi ini selalu dipadati hadirin. 

Di dalam area Umbul Ponggok ini juga terdapat aneka macam macam fasilitas pendukung lain mirip kantin dan kamar mandi. 

Dasar bak tersusun dari bebatuan alami. Jika kamu ingin mengunjungi lokasi ini maka kamu lebih baik tiba pagi hari biar tidak terlampau banyak pengunjung dan tidak terlampau panas tentu saja.  Kali kalian masih belum tahu lokasinya silahkan cari di google map aja niscaya ada. Gambar: disini
Wisata Snorkling Umbul Ponggok