Blogger Jateng

Sifat Kimia Mineral Batuan

Jika kau pergi bermain di sekitarmu, tentu akan banyak sekali ditemui batuan, bukan?. Nah batuan intinya tersusun atas aneka macam macam mineral. 

Mineral dapat diketahui menurut sifat kimia dan sifat fisiknya. Kali ini aku akan pertanda wacana sifat kimia mineral. 

Mineral tersusun atas molekul-molekul dan molekul terdiri atas atom-atom. Molekul paling melimpah di paras bumi yakni Oksigen. 

Hingga kini telah diketahui lebih dari 2.000an jenis mineral yang ada di bumi. Mineral-mineral mampu dikenali dengan jalan meneliti bagian-komponen yang ada di dalamnya contohnya air. 

Air merupakan mineral yang tidak berhablur, berisikan atom hidrogen dan atom oksigen. Bijih besi dalam bahasa kimia dikenali dengan hematit. Menurut susunan kimianya, maka akan ditemui mineral murni, sulfida, oksida, halida, karbonat, sulfat, fosfat dan silikat. 
 
 tentu akan banyak sekali dijumpai batuan Sifat Kimia Mineral Batuan
Mineral Quatz Amethyst

1. Unsur murni
Mineral selaku bagian murni mampu dijumpai pada logam, bukan logam dan setengah logam. Jenis mineral logam ialah emas, perak dan besi. Sementara yang bukan logam yakni sulfur, intan dan grafit. Salah satu contoh mineral setengah logam adalah bismut.

2. Sulfida
Mineral yang terdapat dalam sulfida yaitu senyawa antara logam dan setengah logam dengan welirang. Contohnya besi dan welirang dan seng dengan belerang.

3. Oksida
Mineral oksida adalah senyawaan dengan oksigen misalnya antara silikon dengan oksigen dan antara besi dengan oksigen. Kuarsa ialah acuan pertama sementara yakni bijih besi.

4. Halida
Mineral yang terdapat selaku halida ialah senyawaan dengan garam-garaman. Gram dapur atau halit ialah pola halida penting di kehidupan kita.
 
 tentu akan banyak sekali dijumpai batuan Sifat Kimia Mineral Batuan
Mineral halit pada garam

5. Karbonat
Mineral yang merupakan karbonat yaitu senyawaan antara karbon, oksigen dan satu atau lebih bagian lain. Misalnya kalsit yang terdapat di dalam gua batugamping berwujud stalaktit dan stalagmit.

6. Sulfat
Mineral penjabaran sulfat yaitu senyawaan antara belerang, oksigen dan satu atau lebih komponen lain misalnya gipsum.

7. Fosfat
Mineral fosfat ialah senyawaan antara fosfor, oksigen dan bagian lain. Contohnya yaitu pupuk fosfat yang terjadi dari reaksi batugamping pada kotoran kelelawar di dalam gua kerikil gamping. 

8. Silikat
Mineral yang terdapat sebagai silikat adalah penggabungan antara silikon, oksigen dan bagian-komponen lain. Silikat yakni bab paling penting dari kulit bumi. Hampir 1/3 dari semua mineral diketahui selaku silikat. Contohnya ialah uarsa, mika, kaolin dan talk. 

Gambar: disini, disini