Blogger Jateng

Lesson Plan Praktik Memperbesar Peta Kelas XII

Selamat pagi rekan-rekan sekalian, kali ini aku akan menjajal berbagai lesson plan geografi di kelas xii sosial. 

Pada kurikulum SMA kelas xii pasti bahan awal yakni terkait desain dasar peta dan pemetaan. Siswa diminta mampu mempraktikkan kemampuan dasar peta dan pemetaan. 

Ada beberapa acara pembelajaran praktik yang dapat dilaksanakan siswa dalam bahan peta ini. Saya ambil acuan adalah menambahpeta. Praktik menambahpeta ini memakai tata cara metode grid. Baca juga: Bentuk-bentuk intrusi magma
Kegiatan menambahpeta ini mampu dijalankan di kelas dengan alat-alat yang mudah dan tidak mahal. Beda halnya jikalau harus praktik mengukur sudut azimuth yang mesti menggunakan kompas. 

Lalu bagaimana langkah-langkah pembelajaran menambahpeta?. Saya berikan panduannya di bawah ini. Baca juga: Tipe Bahan galian A, B, C di Indonesia
 kali ini saya akan mencoba berbagai lesson plan geografi di kelas xii sosial Lesson Plan Praktik Memperbesar Peta Kelas XII
Praktik menambahpeta
1. Guru meminta siswa menyediakan alat-alat berbentukpensil, penghapus, pensil gambar dan kertas A3. 2. Guru mendownload pola peta propinsi tertentu dan di print dalam ukuran sekitar 15x20 cm. 3. Di hari/minggu berikutnya, satu orang siswa diberikan satu buah  peta dan diminta untuk menambahpeta tersebut dua kali lipat.  4. Guru menerangkan urutan pengerjaannya di depan, mulai dari menciptakan kotak-kotak di peta pertama hingga di peta kedua.
Kegiatan praktik memperbesar peta bisa dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas. Kaprikornus guru hanya tinggal melihat dan mengamati pekerjaan anak satu per satu di kelas. Siswa aktif dan guru tinggal menilai mereka saja. 

Baca juga:
Teknik apersepsi menakjubkan di kelas, mau tau?
Setelah acara selesai, guru bisa menawarkan nilai dan memajang hasil karya siswa yang terbaik atau semuanya di kelas. Carilah peta yang berformat HD di google supaya kenampakan simbol di peta terperinci.