Blogger Jateng

Konsep Geografi Menurut Peter Hagget

Konsep geografi ialah istilah-ungkapan yang mengandung makna geografi di dalamnya. Ada banyak mahir yang telah mengemukakan desain geografi dan salah satunya ialah Peter Hagget. 

Hagget yakni seorang geografer kebangsaan Inggris yang berkonsentrasi pada kajian kota dan regionalisasi. 

Menurutnya ada setidaknya 5 desain geografi yang diangap sebagai dasar untuk mempelajari semua fenomena dalam ruang. Baca juga: Fenomena rotasi dan revousi bumi
istilah yang mengandung makna geografi di dalamnya Konsep Geografi Menurut Peter Hagget
Lanskap terasering Panyaweuyan
1. Areal Differentiation Konsep pertama ini mempunyai makna perbedaan karakter tiap wilayah atua region. Bumi ini memiliki permukaan yang beraneka ragam dari satu lokasi ke lokasi lain. Perbedaan daerah ini menjadi sebuah keunikan tersendiri dan merupakan anugerah dari Tuhan. 

Kita bisa menganalisa mengapa di kawasan sana ada batubara sedangkan disini tidak ada. Mengapa di Eropa ada 4 berita terkini sedangkan di Indonesia tidak?. Itu ialah akibat dari diferensiasi area.

Baca juga:
Ini lho cara tampilkan fitur 3D view di google map!
Aspek geografi itu apa saja ya?

2. Landscape Landscape yakni bentang alam. Bentang alam di wajah bumi ini beragam mulai dari pegunungan, bukit, rawa, lembah dan yang lain. Berbagai lanskap ini menjadi sebuah keindahan dan saranan penelitian untuk mengungkap bagaimana proses dan sebaran bentang alam tersebut. 

Mengapa gurun tidak mampu terbentuk di Indonesia?. Mengapa ada laut di pedalaman benua?. Mengapa ada gunung api di tengah maritim dan yang lain. 
3. Man Environment Konsep ini berafiliasi dengan insan yang mengendalikan lingkungan. Manusia selaku mahluk yang dominan di permukaan bumi ini telah banyak menghancurkan bentang alam alami dan menciptakan bentang gres. 

Hutan yang tadinya hijau kini telah banyak yang hilang dan berganti fungsi. 
4. Distribusi Ruang Geografi niscaya mempelajari wacana distribusi atau sebaran fenomena dalam ruang. Sebaran fenomena dalam ruang permukaan bumi tidak merata. 

Hal ini menciptakan keanekaragaman-keanekaragaman fisik maupun budaya yang menjadi suatu keunikan bumi sebagai suatu planet. 
5. Geometrik Geografi menjajal mengukur segala sesuatu dalam ruang. Ingat kita punya peta selaku alat bantu mengenali distribusi fenomena spasial. Peta dibentuk dari tata cara pengukuran-pengukuran yang sangat kompleks.

Pengukuran yang lain diantaranya curah hujan, letak astronomis, kedalaman lautan, skala gempa dan lainnya.   Baca juga: Cara mengetahui 4 prinsip geografi