Blogger Jateng

Geografi Negara Perancis

Perancis ialah salah satu negara terkenal di dunia khususnya di Eropa. Negeri yang populer akan mode dan Menara Eiffel ini menjadi salah satu negara destinasi wisata dunia. 

Perancis terletak di Eropa Barat dan memiliki kawasan yang teresebar di seluaurh dunia sebagai koloninya. Perancis merupakan negara terbesar kedua di Eropa dengan keadaan geografis rata-rata dataran rendah dengan beberapa perbukitan dan pegunungan di beberapa titik. 

Berikut profil singkat Perancis:

OFFICIAL NAME: French Republic
FORM OF GOVERNMENT: Republic
CAPITAL: Paris
POPULATION: 66,259,012
OFFICIAL LANGUAGES: French
MONEY: Euro
AREA: 210,026 square miles (543,965 square kilometers)
MAJOR MOUNTAIN RANGES: Alps, Pyrenees, Massif Central
MAJOR RIVERS: Seine, Rhine, and Rhô

Perancis merupakan salah satu negara populer di dunia khususnya di Eropa Geografi Negara Perancis
Peta Perancis via google map
Perancis telah lama menjadi pintu gerbang antara kawasan utara dan selatan negara tersebut. Batas geografis Perancis antara lain Jerman dan Belgia di utara, Samudera Atlantik di utara, Pegunungan Pirenia dan Spanyol di selatan, Swiss, Italia dan Laut Mediterania di timur. 

Dataran subur luas mendominasi sebagian besar daerah utara dan barat, menjadikan Perancis selaku sentra pertanian Eropa. Dataran tinggi dan gunung api purba menempati wilayah selatan Perancis.
Perancis merupakan salah satu negara populer di dunia khususnya di Eropa Geografi Negara Perancis
Perkebunan anggur di Perancis
Perancis merupakan salah satu negara tertua di Bumi dan negara paling beragam secara etnik di Eropa. Pengaruh histori ini menciptakan Perancis mempunyai mutu tinggi di berbagai aspek budaya mulai dari kuliner, anggur, politik filsafat, musik, seni, film, fashion, sastra sampai olahraga. Anggur Wine Perancis populer mempunyai kualitas terbaik di dunia.

Kondisi cuaca dan iklim di Perancis sungguh bervariasi tetapi sebagian besar bertipe musim hambar yang sejuk dan mulut mayoritas panas yang hangat. Sementara kawasan di Mediterania memiliki mulut mayoritas acuh taacuh yang ringan dan demam isu panas yang panas.
Perancis merupakan salah satu negara populer di dunia khususnya di Eropa Geografi Negara Perancis
Sudut kota Paris
Daratan Perancis dialiri oleh puluhan sungai. Sungai terpanjang di Perancis adalah Liore dengan panjang 1.020 km. Sungai yang lain yang penting antara lain Garonne, Lot, Rhine, Rhone dan Seine.

Kota-kota penting di Perancis diantaranya Paris, Marseille, Bordeoux, Monaco, Lyon dan Nantes. Tokoh-tokoh populer dari Perancis diantaranya Napoleon Bonaparte, Montesquie dan Zinedine Zidane. Baca juga: Geografi Yerusalem

Gambar: disini, disini