Blogger Jateng

Geografi Negara Belanda

Oke sahabat-sobat, kali ini aku akan ulas sedikit wacana keadaan geografi negara Belanda. Belanda /Holland/Netherland merupakan sebuah negara kecil di daratan Eropa. 

Hampir 50% daratan Belanda berada di bawah permukaan laut sehingga sangat rentan kepada pergantian iklim. 

Tanggul-tanggul raksasa dibangun untuk menangkal masuknya air bahari ke daratan. Belanda dibatasi oleh Belgia di selatan, Jerman di timur, Inggris di barat, Norwegia di utara dan dikelilingi Laut Utara.
 kali ini saya akan ulas sedikit tentang kondisi geografi negara Belanda Geografi Negara Belanda
Peta Belanda via google map
Kondisi Penduduk
Belanda beribukota di Amsterdam dan setiap tahun banyak pelancong tiba ke kota yang satu ini. Populasi Amsterdam meraih lebih dari 750.000 jiwa. Amsterdam merupakan kota air yang dikelilingi saluran-saluran sempit. 

Amsterdam juga ialah kota ramah bagi pengguna sepeda. Mayoritas penduduk sini memakai sepeda sebagai alat transportasinya.

Kondisi Fisik
Setengah wilayah belanda berada di bawah permukaan bahari. Ini sangat berbahaya mengenang perubahan iklim kian  cepat dan jikalau air maritim naik maka negeri kincir angin ini akan benar-benar karam. Perbukitan cuma terdapat sedikit di potongan tenggara.

Beberapa sungai utama di Belanda yakni Rhine, Maas dan Schelde. Semua sungai di Belanda berhulu di negara lain. Sungai menjadi sarana angkutanandalan warga Belanda. Bahkan ada desa yang transportasinya hanya menggunakan sungai.

Kondisi fisik lain dari Belanda yaitu adanya Laut Utara yang menyediakan banyak sumber minyak dan menjadi fasilitas perdagangan negeri tersebut.
 
 kali ini saya akan ulas sedikit tentang kondisi geografi negara Belanda Geografi Negara Belanda
Sudut kota Amsterdam

Kondisi  Ekonomi
Mobilitas penduduk Belanda sudah menimbulkan banyak dibangunnya rel kereta api, jalan raya, jalur air hingga pelabuhan. Pemukiman juga banyak dibangun sebab perkembangan penduduk yang tinggi. Bandara juga dibangun di aneka macam kota utama disana.

Belanda ialah pintu gerbang barang di Eropa. Banyak barang dimuat dari satu negara Eropa melalui Belanda untuk diantarke negara lain. Hal ini menjadikan Belanda selaku sentra transit jual beli di Eropa barat.
 kali ini saya akan ulas sedikit tentang kondisi geografi negara Belanda Geografi Negara Belanda
Kebun Tulip yang indah
Sumber Daya 
Penduduk Belanda telah banyak menebang banyak pohon disana. Hanya 10% hutan yang masih ada di Belanda. Belanda banyak menyebarkan hasil pertanian dengan memakai pupuk dan antibiotik.

Belanda mempunyai lahan pertanian berkualitas tinggi sebab kesuburan tanahnya. Tulip menjadi salah satu komoditas pertanian khas negeri Belanda. Kincir angin banyak dibangun untuk menyalurkan air ke lahan pertanian. 

Belanda terkenal juga dengan penghasil keju terbaik di dunia. Rumput-rumput terbaik di dunia juga dipasok dari negara ini. 

Cuaca dan Iklim
Belanda punya iklim bertipe hangat, serupa dengan Inggris. Musim panas kebanyakan hangat dengan sedikit cuek. Saat musim hujan, cuaca yang terlalu panas jarang terjadi. Musim cuek mampu sungguh dingin, berangin, hujan dan salju. 

Hujan terjadi sepanjang tahun dan verbal dominan semi menjadi info terkini terkering.

Secara historis, Belanda pernah dilanda banjir dan angin ribut secara berkala. Saat ini, tanggul kuat sepanjang 13.000 km dengan sistem pompa telah meminimalkan efek peristiwa banjir yang sering terjadi di kala kemudian. Baca juga: Geografi kota Yerusalem

Gambar:  
disini, disini, disini