Blogger Jateng

Animasi Fenomena El Nino dan La Nina di Pasifik

El Nino dan La Nina merupakan suatu fenomena anomali cuaca yang terjadi di Samudera Pasifik cuilan timur dan tengah. Kedua fenomena tersebut sungguh kuat pada acuan demam berita di Indonesia.

El Nino terjadi saat lautan Pasifik belahan tengah dan timur menghangat sehingga evaporasi di sana tinggi. 

Kaprikornus hal pertama yang harus pahami dari dua fenomena ini yakni el nino dan la nina sama-sama diawali dari adanya ketaknormalan di samudera Pasifik tengah dan timur, ingat ya.

Dampak dari evaporasi tersebut menjadikan banyaknya awan hujan di kawasan sekitar Pasifik sehingga hujan lebat terjadi disana. Sementara di Indonesia penguapan sangat rendah dan awan hujan jarang terbentuk sehingga menimbulkan kemarau panjang.

La Nina ialah kebalikan dari El Nino dimana lautan Pasifik timur dan tengah mendingin. Hal ini mengkibatkan pembentukan awan hujan tidak terjadi di sana.

Sementara itu di Pasifik potongan barat, evaporasi sungguh tinggi sebab suhu lautan memanas sehingga awan hujan banyak terbentuk. 

Indonesia mengalami ekspresi secara umum dikuasai hujan yang panjang dan lebat di era La Nina. Untuk lebih mengetahui fenomena anomali ini lhat animasi di bawah:

Sumber: usoceangov