Blogger Jateng

Tips Memilih Jurusan IPA atau IPS di SMA

Awal tahun ajaran baru sudah dimulai dan siswa-siswi telah kembali ke sekolah dari piknik panjangnya. Bagi yang baru masuk Sekolah Menengan Atas tentu kalian sudah meninggalkan seragam putih biru dan bermetamorfosis putih debu. 

Saat mulai masuk Sekolah Menengan Atas kelas X, belum dewasa sekarang telah masuk jurusan sesuai dengan minat masing-masing. Masa Sekolah Menengan Atas ialah periode sekolah yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menjangkau prestasi. 

Mungkin masih banyak yang bingung saat memilih jurusan di Sekolah Menengan Atas, apakah mau masuk IPA, IPS atau Bahasa?. Namun dikala ini kebanyakan sekolah menyedikan jurusan IPA dan IPS di sekolahnya meski beberapa sekolah mungkin ada yang menyedikan kelas Bahasa.
Kurikulum 2013 ini telah memberikan fleksibilitas terhadap anak untuk memilih kelas sesuai dengan minat dan kemampuannya. Kaprikornus tidak ada argumentasi untuk tidak semangat lagi belajar, sebab pelajaran telah sesuai dengan apa yang ia inginkan. 

Memilih jurusan memang rada-rada membingungkan, tetapi aku akan berikan kiat-kiat memilih jurusan di SMA berikut ini:
Apa saja sih jurusan di Sekolah Menengan Atas itu? Pada jenjang sekolah menengah pertama disediakan 3 jurusan yang dapat kita pilih yakni: 1. Jurusan IA atau Ilmu Alam (MIPA) Jurusa IA atau MIPA merupakan jurusan yang memang ketika ini masih menjadi primadona siswa-siswi di Indonesia. Jurusan MIPA mempelajari ilmu-ilmu eksak dan murni mirip matematika, biologi, fisika, kimia. 

Biasanya jurusan MIPA ini cocok untuk anak-anak pemikir yang kegemaran melaksanakan rumus-rumus matematis dan mempunyai penilaian logika yang mumpuni. 
2. Jurusan IS atau Ilmu Sosial (IPS) IS atau IPS ialah jurusan yang lebih khusus mempelajari perihal relasi sosial insan seperti sosiologi, ekonomi dan geografi. Ilmu sosial ini cocok untuk siswa yang mempunyai kecakapan komunikasi sosial yang anggun. 
3. Jurusan Bahasa Jurusan bahasa khusus mempelajari wacana ilmu kebahasaan, tata bahasa, komunikasi hingga sejarah bahasa itu sendiri. Jurusan ini lebih mengarahkan siswa untuk menjadi sastrawan, seniman atau jago bahasa dan komunikasi. 
Perlu dicatat bahwa semua jurusan adalah baik dan sukses tidaknya kau yaitu bukan alasannya adalah jurusan yang kamu ambil namun seberapa berpengaruh niat kau menggali dan mencari ilmu yang ada di dalamnya. 

Tidak ada asumsi IPA lebih baik dari IPS/Bahasa ataupun sebaliknya. Semua jurusan sama baiknya. Kalau kamu sudah punya ilmu apapun, aku yakin akan sukses entah di bidang apapun. 
Bingung pilih jurusan di SMA?
Bagaimana cara menentukan jurusan yang cocok? Ini yang sering menjadi pertanyaan siswa dikala menentukan jurusan di Sekolah Menengan Atas. Mereka sering galau takut salah masuk jurusan. Berikut tips yang mampu kamu baca dan ketahui. 1. Apa Minat/Passion Kamu? Setiap orang pasti punya minat, bakat atau passion masing-masing. Nah, menurut salah satu studi di Amerika sana passion memastikan kesuksesan seseorang ketika ini. Jika orang melakukan pekerjaan /mencar ilmu sesuai passion maka ia tidak akan merasa terbebani. 

Jadi tanya diri kau sendiri, hal apa yang kau senangi?. Apakah memecahkan hitung-hitungan, main game, bersosial, ngutak-atik komputer atau lainnya. 
2. Dimana Rencana Kuliah/Profesi Kamu? Nah ini yang sering tidak disadari oleh siswa kita, sesudah lulus Sekolah Menengan Atas mau lanjut kuliah dimana rencananya?. Buatlah target planning sesudah lulus SMA, tempelkan di dinding kamar mu gambar universitas/profesi tujuanmu agar bisa dipelototin tiap hari. Jika telah mantap, maka kau bisa menetapkan jurusan sesuai dengan profesi yang menjadi harapan kamu di kala depan.
  3. Minta Saran Orang Tua Banyak anak yang masih malu atau tidak berdialog dengan orang renta ketika memilih jurusan. Orang wangi tanah lebih tau banyak ihwal anaknya, maka komunikasikanlah baik-baik. Mereka sudah kenyang pengalaman hidup dan saatnya kamu menimba ilmu darinya. Pengalaman aku, insting dan anjuran orang anyir tanah 100% jitu dan tidak pernah meleset. So, ayo ngobrol dengan orang tuamu.
4. Jangan Ikut-Ikutan Teman/Pacar Nah ini yang parah, jangan kau ikut-ikutan sahabat atau pacar. Mentang-mentang sobat akrab erat atau ingin nempel terus dengan pacar jadinya milih jurusan yang serupa. Ingat sukses tidaknya kamu bukan sebab temanmu, bukan sebab pacarmu namun kau sendiri yang menentukan. Makara jika pilihanmu beda dengan sahabat dan pacarmu ya jangan ikut-ikutan.
  5. Ikut Psikotes Nah ini opsi perhiasan yaitu psikotes. Dengan ikut psikotes maka kamu akan menerima data statistik yang dapat menolong kamu untuk memperoleh kekuatan kau. 
Itulah sedikit tips dari aku untuk memutuskan opsi jurusan di Sekolah Menengan Atas. Semoga bermanfaat dan selama belajar dan meraih prestasi di sekolah.