Blogger Jateng

Perbedaan Peta Skala Kecil, Sedang dan Besar

Coba kamu pergi ke perpustakaan atau toko buku dan tempat lainnya yang ada peta. Jika kau lihat, peta tidak sama ukurannya (besar kecilnya)

Ada peta yang berukuran besar dan ada peta yang berskala kecil. Besar kecilnya peta diputuskan oleh besar kecilnya skala yang digunakan. 

Skala yakni perbandingan jarak titik di peta dengan jarak orisinil di lapangan. Jika kmu melihat peta di keluarahan kau niscaya akan beda dengan peta yang ada di kantor gubernur. 

Baca juga:
Bedanya El Nino dan La Nina
Tipe Iklim Indonesia itu Af
Berdasarkan skalanya, peta bisa diklasifikasikan menjadi 4 jenis ialah: 1. Peta kadaster ialah peta yang mempunyai skala sungguh besar adalah antara 1: 100 hingga 1: 5.000. Peta ini sering dipakai untuk menggambarkan tempat mirip lokasi pertambangan, mengukur sertifikat tanah atau peta desa. 2. Peta skala besar ialah peta yang memiliki skala 1: 5.000 sampai 1: 250.000. Peta skala besar dipakai untuk menggambarkan daerah yang relatif sempit misalnya peta kelurahan. 3. Peta skala sedang yaitu peta yang punya skala antara 1: 250.000 sampai 1: 500.000. Peta ini sering dipakai pada peta propinsi. 4. Peta kecil-kecilan atau geografis adalah peta yang punya skala diatas 1: 500.000. Peta ini dipakai untuk menggambarkan negara atau peta dunia. Semakin besar skala peta maka daerah yang ditampilkan makin sempit tetapi rincian. Semakin kecil skala peta maka daerah yang ditampilkan makin luas tetapi tidak detail. Untuk mengerti wacana rancangan skala peta, coba lihat gambar di bawah ini.  Baca juga: Aspek geografi dan penjelasannya
Perbandingan skala peta
Coba lihat, kian kecil skala peta maka angka penyebut skala akan kian besar dan kian besar skala peta maka penyebut skala semakin kecil angkanya. 

Untuk mengenali teknik menambahdan memperkecil peta, silahkan lihat artikelnya berikut Baca juga: Cara menambahdan memperkecil peta.
Gambar: disini