Blogger Jateng

Pengertian Konsep Dasar Geografi

Memahami rancangan dasar geografi untuk anak SMA memang cukup menguras perkiraan. Konsep geografi pada dasarnya yaitu perumpamaan dasar yang mengandung makna geografi.

Emang ada berapa sih jumlah rancangan geografi itu. Di Indonesia ketika ini diketahui 10 desain dasar geografi. 

Sepuluh rancangan tersebut disahkan oleh Ikatan Geograf Indonesia tahun 1988. Dalam level Sekolah Menengan Atas, kalian minimal harus mampu membuat kalimat yang menyatakan salah satu rancangan geografi atau menyimpulkan konsep geografi yang sempurna dari sebuath paragraf. 

Berikut penjelasan teladan kalimat konsep geografi IGI. Baca juga: Pendekatan geografi dan penjelasannya
a. Konsep Lokasi - Lokasi sewenang-wenang = kata kunci "letak astronomis" Indonesia terletak pada 6 LU - 11 LS dan 95 BT - 141 BT. - Lokasi relatif = kata kunci "letak lingkungan sekitar" Rumah aku jauh dari dari stasiun tetapi bersahabat ke sekolah, sementara rumah pacar aku dekat ke stasiun namun jauh ke sekolah. 

Baca juga: aspek infiltrasi air tanah
b. Konsep Jarak - Jarak otoriter = keyword "ukuran panjang" Saya menempuh jarak ke pasar sejauh 5 km dari rumah. - Jarak relatif = keyword "ukuran waktu" Libur lebaran kemarin, saya pergi pulang kampung ke Jogja menempuh perjalanan 6 jam dengan memakai KA Argo Wilis.
c. Konsep Keterjangkauan = keyword "mudah tidaknya kanal sebuah lokasi" Harga BBM di Mimika begitu mahal alasannya kondisi jalan di sana tidak memadai. Penyaluran BBM harus menggunakan jalur udara yang relatif mahal.
d. Konsep Morfologi = keyword "bentuk relief daerah" Kota Bandung berada pada ketinggian antara 500-700 mdpl sehingga suhunya sejuk.
e. Konsep Pola = keyword "susunan sebuah objek" Sungai Bengawan Solo mempunyai bentuk yang berkelok-kelok mirip cabang pohon.
Memahami konsep dasar geografi untuk anak SMA memang cukup menguras pikiran Pengertian Konsep Dasar Geografi
Lokasi adalah rancangan utama geografi
f. Konsep Interaksi = keyword "saling ketergantungan" Desa mengirim bahan pangan ke kota sementara kota mengirim barang elektronik ke desa.
g. Konsep Nilai guna = keyword "nilai manfaat lokasi" Pegunungan Sewu memiliki kenampakan yang unik berbentukdasar maritim purba sehingga banyak dipakai selaku lokasi Ekowisata.
h. Konsep Aglomerasi = keyword "pemusatan acara ekonomi" Pabrik elektronik banyak dibangun di kawasan Cikarang Bekasi"
i. Konsep Diferensiasi = keyword "perbedaan antar wilayah" Wilayah gurun Sahara memiliki iklim kering sementara daerah hutan gugur memiliki iklim sedang.
j. Konsep Asosiasi = kata kunci "keterkaitan dalam satu lokasi" Suku Bajau tinggal di daerah pantai sehingga dominan melaksanakan pekerjaan selaku nelayan.
Untuk lebih memahaminya, kamu boleh membuat teladan kalimat sendiri. Tidak usah sama dengan punya saya di atas. Semakin sering menjajal maka kamu akan semakin cepat paham. Gambar: disini

Baca juga:
Cara menjawab soal rancangan geografi di UN