Blogger Jateng

Pemanfaatan Inderaja di Kehidupan

Inderaja atau penginderaan jauh sungguh berguna dalam memberikan berita sebuah daerah dengan keadaan fisik dan sosialnya serta dalam hal pemantauan sumber daya alam dan lingkungan. Lalu apa saja faedah inderaja di berbagai bidang kehidupan?.
a. Meteorologi dan Klimatologi - mengamati iklim daerah lewat pengamatan awan dan kandungan air dalam udara. - membantu menganalisis cuaca dan peramalan prakiraan cuaca dengan cara memilih daerah tekanan tinggi dan tekanan rendah serta kawasan hujan badai dan siklon. - mengamati acuan angin permukaan. - melaksanakan pemodelan meteorologi dan set data klimatologi - memperhatikan pola anomali cuaca dan iklim.
b. Oseanografi Dalam bidang kelautan, inderaja bermanfaat untuk pengamatan sifat fisik air bahari seperti suhu permukaan air bahari, warna, kadar garam, arus dan yang lain. 

Selain itu inderaja bisa memperhatikan pasang surut bahari dan memperhatikan pergeseran garis pantai akhir erosi dan sedimentasi. Pencemaran maritim juga bisa dideteksi dengan inderaja.
Baca juga:
Faktor infiltrasi air tanah
Cara menjumlah kemiringan lereng

c. Hidrologi - memantau tempat anutan sungai dan konservasi sungai. - pemetaan sungai dan studi sedimentasi sungai. - pemantauan luas tempat intensitas hujan. - menyaksikan peta sebaran tempat kekeringan. 
d. Geologi - memilih struktur batuan sebuah wilayah. - pemantauan kawasan tragedi final gempa, kebakaran, tsunami dan longsor. - pemantauan aktifitas gunung api dan sebaran bubuk vulkanik erupsi. - menentukan struktur batuan dan jenis batuan sebuah tempat. - melaksanakan pemantauan distribusi sumber daya alam mirip hutan atau barang tambang.
Inderaja atau penginderaan jauh sangat bermanfaat dalam memberikan informasi Pemanfaatan Inderaja di Kehidupan
Contoh observasi citra angin kencang siklon tropis
e. Pemetaan Peta inderaja ialah gambaran yang sudah bereferensi geografis sehingga mampu dianggap sebagai peta. Informasi spasial yang disajikan dalam citra merupakan data raster yang bersumber dari hasil perekaman gambaran satelit sumber daya alam secara kontinyu. 

Peta Citra menunjukkan semua informasi yang terekam pada bumi tanpa adanya generalisasi.
f. Geofisika, Geodesi dan Lingkungan 1. Inventarisasi Tata Guna Lahan Inventarisasi penggunaan lahan penting dilakukan untuk mengetahui apakah pemetaan lahan yang dikerjakan oleh aktivitas manusia sesuai dengan kesempatanataupun daya dukungnya. 

Penggunaan lahan yang tepat mendapatkan hasil yang anggun tetapi lambat laun hasil yang diperoleh akan menurun seiring dengan menurunnya kesempatandan daya dukung lahan tersebut. Baca juga: Aspek geografi itu apa saja ya?
Integrasi penginderaan jauh merupakan salah satu bentuk yang mempunyai kesempatan dalam penyusunan isyarat fungsi penggunaan lahan. 

Dasar penggunaan lahan mampu dikembangkan untuk aneka macam kepentingan penelitian, penyusunan rencana dan pengembangan wilayah.
2. Kehutanan Bidang kehutanan berhubungan dengan pengelolaan hutan untuk kayu termasuk penyusunan planning pengambilan hasil kayu, pemantauan penebangan dan penghutanan kembali, pengelolaan dan pendataan margasatwa, inventarisasi dan pemantauan sumber daya hutan, wisata dan pengawasan kebakaran. 

Kebakaran lahan yang sering terjadi di lahan gambut contohnya bisa tertuntaskan sedini mungkin dengan derma inderaja. Baca juga: Memahami teknik proyeksi peta
Masih banyak lagi penggunaan gambaran inderaja dalam kehidupan seperti di bidang pertahanan keselamatan negara dan di bidang penyusunan planning pembangunan. 
Gambar: disini