Blogger Jateng

Memahami Keunggulan Sistem Informasi Geografi

Sistem Informasi Geografi atau SIG mampu dibilang sebagai pengembangan dari peta konvensional. Peta dikombinasikan dengan komputer maka jadilah SIG. SIG ketika ini telah menjadi suatu kebutuhan penduduk . 

Coba lihat di ponsel terpelajar anda pasti ada aplikasi map bukan?. Itulah bab dari SIG. Semua daerah atau fenomena apapun di permukaan bumi ini bisa disajikan dalam bentuk peta digital. 

Baca juga:
Gunung api strato, shield dan cone
Formasi geologi pulau Jawa

Lokasi kini menjadi suatu istilah geografi yang sungguh penting dalam kehidupan kita. Ada keunggulan dan kekurangan dari SIG selaku suatu metode. Kali ini saya akan menerangkan terlebih dahulu perihal keunggulan SIG. Berikut ini beberapa kelebihan SIG:
Tampilan peta 3D
1. Pemrosesan Data Lebih Cepat Dengan menggunakan bantuan komputer, maka pemrosesan data spasial maupun atribut lebih singkat. Anda bisa memanipulasi data atau mengolah data dengan cepat dengan komputer abad kini. Jika sebelumnya kita mengolah data secara manual maka kini cuma membutuhkan data/file saja dan menginputnya dalam komputer.  2. Penanganan Data Spasial Lebih Baik Untuk menampikan data spasial dalam komputer, sekarang telah tersedia berbagi macam software yang mempermudah kita untuk membuat sebuah peta digital. Data spasial dapat kita edit, rubah dan evaluasi sesuka hati. Baca juga: Geografi benua Eropa 3. Data Geospasial Lebih Praktis Ditampilkan Jika dulu membaut peta mesti diprint dalam ukuran besar maka kini hanya bermodal layar ponsel berakal saja, semua kawasan dunia bisa kita peroleh. Tanpa diprint dan menghabiskan daerah.  4. Kemampuan Menukar Data Spasial Hadirnya SIG membuat kita bisa menukar data geospasial dengan mudah di komputer. 5. Hemat Waktu dan Biaya SIG walaupun memakan investasi mahal di permulaan, namun dalam produknya mampu digunakan dengan efisien dan ekonomis ongkos. Kita bisa mengolah data spasial atau mencari informasi kawasan tak terbatas ruang dan waktu. 6. Pengambilan Keputusan Lebih Akurat Produk SIG mirip google map membuat citra konkret permukaan bumi persis. Hal ini akan membuat seorang geografer mampu dengan mudah mengecek fenomena keruangan yang terjadi lebih akurat. 7. Gambaran Visual Menyerupai/Sesuai Asli Gambaran keruangan dalam SIG seperti gambaran orisinil dari permukaan bumi itu sendiri. Bahkan sekarang ada fitur 3D di dalamnya. Dunia mirip berada di genggaman kita. 
Masih banyak lagi keunggulan SIG yang lain dan kehadiran SIG menciptakan insan semakin mengerti akan pentingnya geografi dalam kehidupan sehari-hari. 

Baca juga:  
Geologi Patahan Lembang Bandung Pola pemikiran sungai dan cirinya

Gambar: disini