Blogger Jateng

Fenomena Aspek Fisik dan Non Fisik Geografi

Halo sobat geografi seluruhnya, memasuki permulaan tahun anutan baru di kelas 10 SMA tentu saja akan bertemudengan geografi. Geografi ialah ilmu yang komperhensif karena memadukan antar ailmu alam dengan sosial. 

Dalam bahan awal geografi di Sekolah Menengan Atas tentu bahasan pertama yakni seputar desain geografi. Baca juga: Terbentuknya magma di perut bumi

Bab rancangan geografi ini membahas seputar hal-hal fundamental yang mesti dimengerti dalam mempelajari geografi salah satunya yaitu faktor geografi. Menurut Bintarto, geografi dibagi menjadi faktor fisik dan faktor non fisik. 

Aspek fisik terkait dengan semua fenomena yang terjadi secara alamiah sementara faktor non fisikal ialah semua fenomena yang diakibatkan oleh adanya campur tangan insan.

Lingkungan fisik 1. Topologi, meliputi semua hal terkait letak sebuah wilayah, luasnya, bentuk, dan batas wilayah tersebut. Untuk melihat faktor topologi diharapkan alat bantu adalah peta. 2. Abiotik, mencakup semua hal benda mati seperti cuaca, air, tanah, gunung api, iklim dan lainnya. Variabel tersebut menciptakan setiap kawasan mempunyai keunikan masing-masing mirip Arab Saudi banyak gurun pasir sementara di Inggris banyak apdang rumput dan hutan gugur. 3. Biotik, mencakup semua hal terkait mahluk hidup seperti manusia, binatang dan tanaman. Ketiga mahluk hidup tersebut dilihat sisi sebaran dan relasinya dengan ruang di permukaan bumi.
 memasuki awal tahun ajaran baru di kelas  Fenomena Aspek Fisik dan Non Fisik Geografi
Pemukiman kumuh di Jakarta
Lingkungan non fisik 1. Sosial, mencakup acara yang berkaitan dengan kehidupan insan seperti kelahiran, migrasi, hukum adat dan maut. 2. Ekonomi, meliputi hal-hal seperti industri, perdagangan ekspor-impor dan lainnya. Banyak teori ruang yang berawal dar acara ekonomi seperti Central Place dan Growth Pole. 3. Budaya, meliputi semua hal terkait cipta rasa dan karsa manusia dalam wujud  bahasa, kesenian, rumah budpekerti hingaa busana adab.  4. Politik, meliputi hal yang bekerjasama dengan tata laksana pemerintahan kawasan atau suatu negara.  
Contoh Soal Aspek Geografi: Diketahui fenomena: 1. Pesawahan terasering Bali 2. Erupsi Sinabung 3. Perkebunan Sawit di Riau 4. Tsunami Aceh 5. Pemukiman kumal di Jakarta Yang termasuk aspek fisik geografi terdapat pada angka .... a. 1, 2 dan 3 b. 1, 2 dan 4 c. 2, 3 dan 5 d, 3, 4 dan 5 e, 2, 4 dan 5
Baca juga:
Ayat Alquran wacana fenomena geografi 
Cara membuat perempuan klepek-klepek 

Gambar: quora.com