Blogger Jateng

Contoh Kegiatan Inisiasi Sekolah 3 Hari

Halo sobat blogger semua, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan dapat menjalani hari-hari dengan produktif. Tahun aliran gres sudah dimulai dan hari ini kita kembali ke sekolah untuk mencari ilmu kehidupan.

 Seperti yang kita ketahui bahwa hari pertama sekolah untuk siswa gres adalah periode pengenalan atau inisiasi. Sesuai dengan araha Menteri Pendidikan bahwa tema pendidikan kita ialah "Kita Indonesia Kita Berkarakter Sejak Hari Pertama di Sekolah".
Dalam abad inisiasi ini, siswa pada dasarnya diajakan untuk mengenal lebih akrab perihal acara sekolah. Kaprikornus segala hal yang bebau perploncoan itu haram. Perploncoan yaitu acara kriminal warisan penjajahan dan dihentikan dikerjakan di sekolah. Berikut teladan acara inisiasi di sekolah selama 3 hari:
Pembukaan Inisiasi Sekolah SMA Unity School
Hari Pertama 1. Siswa disambut dengan upacara pembukaan dengan penyematan tanda penerima. 2. Siswa mendapatkan pengarahan perihal jadwal aktivitas selama 3 hari. 3. Guru menunjukkan pengarahan perihal visi misi dan hukum sekolah 4. Guru memperkenalkan diri kepada siswa baru dan sebaliknya. 5. Pemberian motivasi oleh guru.
Hari Kedua 1. Siswa diberikan pengenalan perihal lingkungan sekolah. 2. Games interaktif membangun keakraban antar siswa dan guru. 3. Siswa mendapatkan isu perihal beragam aktivitas intra dan ekstrakurikuler di sekolah. 4. Pemberian motivasi dibantu kakak kelas terutama yang berprestasi untuk melecut semangat anak.
Hari Ketiga 1. Pemberian motivasi lanjutan tentang pendidikan aksara. 2. Games/Icebreaking penguatan huruf. 3. Lomba edukatif antar siswa baru. 4. Pemberian hadiah kepada siswa terbaik. 
Itulah pola aktivitas selama 3 hari saat masa inisiasi sekolah. Masa inisiasi yang mengasyikkan sarat kegembiraan akan menciptakan anak bersemangat untuk mencar ilmu dan meraih prestasi di sekolah. Selamat mencar ilmu dan berprestasi untuk menjadi bagian dari generasi emas Indonesia berikutnya.