Blogger Jateng

7 Alasan Kenapa Harus Naik Kereta Api

Liburan telah usai dan saatnya kembali melanjutkan rutinitas pekerjaan kita untuk bekal piknik di tahun depan. Libur idul fitri kemarin saya mengunjungi beberapa tempat dan pastinya untuk meraih lokasi tersebut saya menentukan moda angkutankereta api. 

Saya berangkat pulang pergi dari Cirebon menuju Yogyakarta menggunakan Fajar Utama Yogya. Kereta Api kini menjadi salah satu moda transportasi andalan penduduk dalam menunjang mobilitas harian. Kenapa harus pilih kereta api? Berikut ini saya berikan sedikit karena.
Kereta melintasi pegunungan dan pesawahan Indonesia yang indah
1. Bebas macet Kereta api tentu bebas macet beda halnya dengan menggunakan transportasi pribadi yang di jalan tol pun mampu macet dikala liburan. Menggunakan kereta api maka kita tidak akan terjebak di jalanan yang panas dan membosankan. 
2. Tiket relatif terjangkau Tiket kereta api sungguh terjangkau oleh banyak sekali lapisan penduduk . Masyarakat bebas menentukan jenis KA baik yang direktur, bisnis atau ekonomi sesuai dengan keadaan dompet. Makara anda tidak usah khawatir kocek anda akan terkuras habis, kecuali anda bei di calo.
3. Bisa pesan tiket kapan saja Dengan menggunakan kereta api anda mampu bebas memutuskan program keberangkatan kapan pun sesuka hati. Kini banyak aplikasi yang menciptakan lebih mudah pembelian tiket di handpone anda. Biasanya jika anda beli tiket jauh hari maka harga yang ditemukan akan lebih hemat biaya.
4. Melihat pemandangan alam Indonesia Nah, ini yang aku suka yaitu di saat naik kereta maka sepanjang perjalanan akan menyaksikan panorama alam Indonesia yang indah. Mulai dari pesawahan, pegunungan, sungai, desa, terowongan dan lainnya. 

Jalur rel kereta memang dibuat jauh dari sentra pemukiman menembus daerah perbukitan dan pegunungan. Anda mampu mengambil foto-foto atau video alam indonesia dari atas kereta, dijamin keren.
Stasiun Tugu Yogyakarta
5. Aman dan tenteram Menggunakan kereta api saat ini sungguh kondusif dan tidak akan ada kejahatan mirip di jalanan, calo, preman dan yang lain. Kini ada polisi khusus kereta api yang sigap menjaga keselamatan kereta. Selain itu anda pasti akan mampu tempat duduk kalau telah beli tiket. Anda juga tidak akan mual dan sakit kepala sebab kereta api berjalan diatas trek lurus.
6. Tepat waktu Kereta api menjamin anda untuk tiba ke tujuan sempurna waktu, kalaupun ada keterlambatan tentu saja cuma sedikit saja dan tidak terlalu lama. Beda halnya dengan jaman dulu, nanti aku ulas artikelnya di lain waktu antara perbedaan kereta api dahulu dan kini.
7. Fasilitas membuat puas Fasilitas umum pendukung konsumen kereta api kini telah sangat modern. Jika dulu stasiun mirip pasar kini stasiun kereta api sudah bebas dari hal tersebut. Berbagai akomodasi tersedia di stasiun mulai dari ruang tunggu, kafetaria, toilet, dan yang lain telah dibenahi. Jad menunggu kereta di stasiun sekarang tidak lagi menjemukan.
Gambar: flickr, dokumen eksklusif