Blogger Jateng

Tips Mudik Aman Nyaman dan Selamat

Libur Idul Fitri telah tinggal beberapa hari lagi dan kaum urban tentu saja telah tidak tabah untuk kembali ke kampung untuk bersilaturrahim bareng sanak keluarga terdekat. 

Mudik sudah ialah tradisi yang menempel pada masyarakat Indonesia selaku wujud cinta kepada keluarga dalam balutan kebersamaan. Tiada kebahagiaan paling indah selain berkumpul bareng keluarga terkasih. 
Bagi yang sedang merencanakan mudik, alangkah baiknya untuk mempersiapkannya sebaik mungkin. Beberapa tahun ke belakang pasti kita sering melihat berita wacana perkara kecelakaan, kebakaran atau peristiwa negatif lainnya dikala idul fitri datang. 

Untuk itu kita mesti mengantisipasi biar peristiwa tersebut tidak terjadi. Jangan sampai kebahagiaan kita menjadi tangisan alasannya adalah keteledoran kita. Memang takdir sudah ada yang menentukan, namun kita wajib untuk melaksanakan antisipasi sebaik mungkin untuk menyingkir dari takdir negatif saat idul fitri datang. 

Berikut ini beberapa tips bagi yang hendak mudik ke kampung halaman supaya situasi lebaran kita tenteram, aman dan tentram.
1. Periksa alat kelistrikan rumah Sering timbul di gosip rumah yang kebakaran ditinggal pulang kampung oleh penghuninya. Ini sebab pemudik tidak mengevaluasi terlebih dulu perlengkapan listrik di rumah. Cek kondisi stop kontak, barangkali ada yang telah buruk yang mampu menyebabkan korsleting. 

Ganti kabel-kabel yang telah buruk dengan yang cantik. Kalau mau kulkas tetap nyala, pastikan kabel dan stop kontaknya masih baik. Kalau pun mau dimatikan, maka singkirkan terlebih dulu semua isinya, jangan sampai ada yang tersisa di dalam. 

Kalau ada yang tersisi maka bersiaplah dikala kembali anda kan menerima banyak alien di dalamnya (pengalaman). 
2. Titipkan kunci ke satpam Bagi yang ada securiti di perumahan, anda bisa menitipkan kunci ke satpam yang dipercaya pastinya. Hal ini untuk mengantisipasi kalau ada sesuatu hal terjadi maka satpam bisa langsung mengambil tindakan.
3. Perbaiki kran air bocor Seringkali kita memperoleh kran air bocor dan bila ditinggalkan lama akan menciptakan air mengalir keluar deras. Hal ini pasti menjadi pemborosan listrik dan air. Maka cek dan perbaiki kran yang mulai rusak. 
Libur Idul Fitri sudah tinggal beberapa hari lagi dan kaum urban tentunya sudah tidak saba Tips Mudik Aman Nyaman dan Selamat
Ayo pulang kampung!
4. Periksa keadaan kendaraan Nah jika yang akan pulang kampung pakai kendaraan roda dua atau empat, maka wajib untuk menganalisa keadaan kendaraan. Periksa keadaan ban, rem, rantai, lampu dan oli. Banyak peristiwa kecelakaan terjadi alasannya adalah kondisi kendaraan yang tidak prima. 

Ingat, pulang kampung itu akan memajukan mobilitas kendaraan berkali-kali lipat dan ini berbanding dengan resiko kecelakaan di jalan sebab volume kendaraan yang membludak. Jangan menenteng penumpang melebih kapasitas kendaraan atau beban berlebih karena ini akan meminimalisir stabilitas kendaraan anda.
5. Istirahat jikalau letih di jalan Anda mesti tahu bahwa berkendara itu sangat menguras energi. Penelitian menerangkan bahwa seseorang berkendara motor optimal 2 jam setelah itu harus istirahat begitu juga dengan kendaraan beroda empat (kurang lebih 3 jam). 

Banyak kecelakaan terjadi sebab sopir mengantuk. Ini karnea badan dipaksakan untuk berkonstrasi. Kaprikornus hargailah tubuhmu, jika minta istirahat maka menepilha sejenak. Alon-alon asal klakon lebih baik bukan?
6. Tutup semua jendela Jangan salah, maling itu sering muncul ketika rumah ditinggal pergi. Jadi untuk mengantisipasinya maka tutuplah semua jendela rumah rapat-rapat. Pasang teralis dan bia perlu CCTV untuk memantau rumah. 
7. Titipkan binatang peliharaan Bagi yang punya binatang peliharaan maka tidak salahnya untuk menggunakan jasa penitipan binatang peliharaan yang sudah banyak tersedia di perkotaan. Memang anda mau bawa binatang dalam kendaraan beroda empat atau motor?.
8. Berdoa Setelah semua persiapan dilakukan tentu hal terakhir ialah minta pemberian pada Tuhan. Berdoalah sebanyak mungkin dengan khusyu supaya dijauhkan dari marabahaya selama pulang kampung.
Itulah sedikit tips mudik aman nyaman kali ini. Selamat kembali ke kampung halaman dan bersilaturrahim bareng keluarga terkasih.
Gmbar: budhie.com