Blogger Jateng

Silabus Geografi SMA Kurikulum 2013 Revisi

Beberapa tahun lalu kurikulum 2013 mulai berlaku dan materi geografi mengalami pembiasaan dalam silabusnya. Tahun ini kurikulum 2013 mulai diaplikasikan tolong-menolong di seluruh Indonesia. 

Lantas bagaimana dengan sebaran materi geografi di kurtilas ini?. Ternyata ada silabus revisi tahun 2016. Beberapa poin aku baca dalam perubahan sebaran materi silabus tersebut yakni: Pertama, bahan dasar Peta, Inderaja dan SIG dipindahkan ke kelas X. Sementara aplikasinya ada di kelas II. Kedua, materi AMDAL dan pembangunan berkesinambungan digabung dalam bahan pemanfaatan SDA di Indonesia. 

INFO UPDATE BUAT ILMUGURU Sekolah Menengan Atas
Mau pesan buku paket geografi SMA Kelas X, XI dan XII karya aku (Mr. Agnas Setiawan)???
CEK DISINI (Cetakan pertama, stok terbatas)

Baca juga:
RPP K 13 Bab Konsep Geografi Terbaru
6 Kesalahan guru saat buat power point
Belajar blank map di kelas yuk bersamasiswa!

Dalam bahan kependudukan, ada sisipan mengenai bonus demografi. Hal ini tentu berkaca dari fenomena kasatmata yang sedang dialami Indonesia dikala ini. Mitigasi bencana utamanya geologi dimasukkan di kelas XI. 

Pada kelas XII, materi peta, SIG dan Inderaja lebih mengarah pada terapan atau aplikasi. Pada materi negara maju dan meningkat , ada desain tentang pasar bebas dan taktik Indonesia dalam menghadapi globalisasi. 

Memang silabus harus dikembangkan sesuai dengan kontekstual bangsa ketika ini. Tapi yang agak repot mungkin bagi penulis buku seperti aku. Draft buku aku model K 13 awal jadi harus direvisi lagi. Kalau mau menelaah lebih jauh ihwal silabus geografi K 13 revisi, silahkan lihat  di bawah ini: Baca juga: Download RPP K 13 Revisi Geografi


48. Silabus Geografi Versi 120216 by Blues Agnaz on Scribd