Blogger Jateng

Reaksi Nuklir Matahari Sebagai Bintang di Tata Surya

Matahari ialah sumber energi utama dan paling besar bagi Bumi. Matahari mirip halnya lilin yang mampu kau lihat di langit alasannya adalah ia memancarkan cahaya sendiri. Suhu matahari sungguh tinggi kira-kira 5.400 derajat Celcius. 

Dengan keadaan tersebut maka materi-materi dalam matahari tidak mungkin berupa padat, cair atau gas biasa. Materi-bahan dalam matahari haruslah berwujud gas pijar yang disebut plasma. 
Selain matahari, benda langit lain yang juga mempunyai wujud gas pijar yakni bintang. Kesamaan lain dari matahari dan bintang yaitu dalam spektrum cahaya dan proses pembentukkan energinya. 

Matahari dan bintang sama-sama memproduksi sumber energinya menurut reaksi fusi inti. Karena kesamaan inilah maka matahari dikelompokkan sebagai bintang. 
Mengapa matahari terlihat selaku bintang paling besar dan terperinci di langit? Coba kamu amati langit di malam hari, maka kau akan memperoleh milyaran bintang bertaburan di atas bukan?. 

Ukuran matahari masuk pembagian terstruktur mengenai sedang dan masih banyak lagi bintang yang lebi besar, panas dan cerah dibandingkan matahari misalnya Sirius. 

Matahari tampak oleh kamu selaku bintang terbesar sebab ia yaitu bintang paling erat dengan bumi dibandingkan bintang yang lain. Baca juga: ciri-ciri bioma hujan hujan tropis
Matahari berjarak rata-rata 150 juta km sementara bintang kedua terdekat erat Bumi yakni Alpha Centauri berjarak 40 ribu milyar km dari bumi alias 300 ribu kali jarak rata-rata Bumi-Matahari. 

Besarnya penampakan matahari ini sama halnya kalau kamu bangkit di lapangan sepakbola dan menyaksikan seorang anak kecil yang bersahabat kamu dan seorang dewasa yang sangat jauh. Anak kecil akan nampak lebih besar olehmu dibanding orang pandai balig cukup akal. 

Kaprikornus jarak yakni aspek utama. Jarak Bumi-Matahari dijadikan selaku standar satuan jarak astronomi atau SA. 1 SA = 150.000.000 km.
Matahari merupakan sumber energi utama dan terbesar bagi Bumi Reaksi Nuklir Matahari Sebagai Bintang di Tata Surya
Matahari saat terbit berwarna kemerahan
Unsur-komponen apa saja yang menyusun matahari? Dengan memakai spektrometer, dapat diketahui bahwa spektrum matahari tersusun atas garis-garis gelap dengan latar belakang terperinci. Garis-garis gelap ini berkaitan dengan terserapnya energi matahari oleh bagian kimia yang terdapat dalam atmosfer matahari. 

Satu garis gelap dikaitkan dengan hadirnya satu komponen kimia. Makara dengan menganalisis garis gelap dan spektrum matahari kira mampu menyelidiki unsur-bagian kimia penyusun kimia. 

 Ilmuwan sukses mengenali komponen penyusun matahari ialah 75% hidrogen, 30% helium dan 2% bagian berat seperti oksigen, karbon dan neon. Baca juga: geografi Korea Selatan

Mengapa warna matahari siang dan sore itu berlainan? Warna matahari ada kaitanya dengan suhu matahari. Suhu matahari sungguh tinggi sehingga kita tidak mungkin mengukurnya pribadi, tetapi kita mampu menaksirnya. Contohnya dengan teori penyusutan Helmholtz diperkirakan bahwa suhu di sentra matahari bisa menjangkau 15 juta Kelvin. 

Energi dari inti mathari memanaskan potongan fotosfer atau permukaan yang ditaksir mampu mencapai 5.700 derajat Kelvin. Suhu sebesar ini berkorelasi dengan warna kuning yang terlihat pada fotosfer. 
Kaitan suhu dengan warna bisa kamu praktikkan jikalau aben sebatang logam. Mula-mula besi berwarna merah (suhu rendah) kemudian menjadi biru (suhu tinggi). Oleh alasannya adalah itu pada pagi atau sore hari, warna matahari yakni kemerahan sehingga akan terasa hanagt. 

Di siang hari dikala suhu fotosfer meningkat, matahari berwarna putih kekuningan. Ketika ketika siang hari yang terik, efek panas matahari paling besar warnanya yakni kebiru-biruan.
Matahari merupakan sumber energi utama dan terbesar bagi Bumi Reaksi Nuklir Matahari Sebagai Bintang di Tata Surya
Reaksi fusi inti matahari

Bagaimana terbentuknya reaksi energi matahari? Matahari adalah bola gas besar pijar yang sangat panas dan ukurannya sejuta kali lebih besar dari Bumi. Makara tentu saja ada proses pembakaran, tetapi bukan pembakaran umumantara komponen kimia dengan oksigen. Suhu matahari sungguh tinggi sehingga tidak mungkin terbentuk suatu senyawa.
Ilmuwan percaya bahwa sudah terjadi reaksi fusi inti hidrogen yaitu bergabungnya dua inti hidrogen membentuk satu inti helium. Massa satu inti helium hasil fusi lebih kecil dari jumlah massa dua inti hidrogen. 

Dengan begitu terjadi kehilangan massa, namun massa yang hilang diubah menjad energi. Rumus tersebut sesuai dengan persamaan Einstein yang melegenda ialah E = mc². Baca juga: faktor perbedaan kadar garam di lautan
Tiap detik dalam inti matahari, 630 juta ton inti hidrogen diubah menjadi 625,4 juta ton inti helium. Makara ada kehilangan massa sebesar 4,6 juta ton. Kehilangan massa tersebut menciptakan energi sebesar 1,4 x 10 ²⁶ joule per detik di inti matahari. Energi ini setara dengan 30 juta truk tangki minyak yang penuh.
Kapan matahari tidak bersinar lagi? Matahari tidak akan selamanya bersinar, alias akan mati. Tapi tentang saja, hal tersebut akan masih lama sekali. Diperkirakan matahari masih akan bersinar sampai 5 milyar tahun ke depan hingga kesannya mati.
Siang hari kita akan merasakan panas bukan?. Panas ini berasal dari energi pancaran matahari yang hingga ke bumi. Hasil pengukuran memperlihatkan bahwa permukaan seluas 1 cm² di bumi menerima energi matahari sebesar 8,2 joule per menit, yang disebut selaku tetapan matahari. D

engan membandingkan ukuran dan luas matahari dengan bumi diperoleh hasil bahwa Bumi cuma mendapatkan 1/2milyar bagian dari energi total yang dipancarkan matahari.
Pengaruh matahari bagi bumi? Saat matahari memanaskan Bumi, tidak semua panas diserap bumi alasannya adalah ada yang dipantulkan kembali dan dihamburkan di atmosfer sebelum sampai tanah. 

Saat dipantulkan ke atmosfer maka kan mengakibatkan arus udara ke atas dan muncullah siklus udara. Saat sinar matahari memanaskan air maritim, panasnya akan menguapkan air ke udara lalu berkondensasi membentuk awan dan hujan pun turun.
salah satu spektrum sinar matahari yang tampakoleh kita dan punya imbas kimi terbesar yaitu ultraviolet. Sinar ultraviolet ini diperlukan tanaman untuk melaksanakan fotosintesa. 

Fotosintesa yakni prosedur perubahan karbon dioksida dan air menjadi gula. Molekul gula merupakan kuliner bagi tanaman dan mahluk hidup yang lain tidak mampu hidup jika tumbuhan tidak ada. Sinar matahari ada pagi hari juga mengandung vitamin D yang manis untuk perkembangan tulang. Itulah beberapa manfaat matahari yang sungguh ahli bagi kehidupan planet Bumi.
Matahari merupakan sumber energi utama dan terbesar bagi Bumi Reaksi Nuklir Matahari Sebagai Bintang di Tata Surya
Atap panel surya
Penggunaan energi matahari Hampir semua energi yang digunakan di bumi berasal dari energi matahari. Contoh, materi bakar minyak, gas alam dan batubara ialah energi matahari yang tersimpan dalam bentuk energi kimia pada tumpukan bangkai organisme yang tertimbun jutaan tahun kemudian. 

Jika kita mampu mengubah energi matahari menjadi energi kalor atau energi listrik maka kita akan mendapatkan energi yang tidak hanya higienis namun juga tidak bisa habis sepanjang matahari bersinar. 
Energi matahari disebut juga energi surya. Ada dua cara untuk memakai energi surya. Pertama menggunakan panel surya  yang mampu mengubah energi surya menjadi kalor. Energi kalor ini mampu digunakan untuk mandi air hangat atau mencuci. 

Cara kedua dengan menggunakan sel surya adalah dengan memasang suatu alat yang mamu mengubah pribadi energi panas menjadi listrik. Model kedua saat ini telah banyak dipakai di negara-negara maju. Bahkan sudah ada yang memproduksi atap panel surya untuk rumah.

Gambar: www.universetoday.com

irishviews.com
greeniverse.com