Blogger Jateng

Pola Pengembangan Wilayah Negara Maju

Negara maju pada dasarnya merupakan negara yang mempunyai kemampuan untuk menciptakan produk bernilai jual tinggi sehingga pendapatan negaranya tinggi. 

Tidak selamanya negara yang mempunyai daerah luas mampu menjadi negara maju. Aspek penting dari maju tidaknya suatu negara adalah kualitas manusia di dalamnya. 

Ada negara yang miskin sumber daya namun dia mampu menguasai dunia dengan produk-produk andalannya seperti Jepang, Korea, Amerika, Singapura dan yang lain. Lantas bagaimana teladan pengembangan kawasan di negara maju?. 

Baca juga:
Perbedaan kerak benua dan kerak samudera 
Jenis-jenis contoh pemikiran sungai
Berbicara contoh pengembangan daerah negara majua maka akan sangat berlawanan dengan pola pengembangan di negara meningkat . Di negara meningkat , secara umum teladan pertumbuhan wilayah sangat tidak terstruktur dan banyak yang tidak cocok zonasi yang sudah diputuskan pemerintah. 

Atau bahkan pemerintah tidak membangun kawasan sesuai karakteristiknya. Berikut ini beberapa teladan teladan pengembangan wilayah di negara maju:
1. Merencanakan Sistem Zonasi Sebelum membangun suatu kawasan, maka akan ada riset atau observasi permulaan terlebih dulu. Hal ini dilakukan untuk menetapkan nantinya kawasan meningkat sesuai dengna potensinya dan tidak menimbulkan dilema di kemudian hari. 

Zona industri ditempat di lokasi yang jauh dair pemukiman, tempat pembuangan simpulan sampah dibangun jauh dari kota. Hal ini dilaksanakan semoga mutu kehidupan penduduk di daerah tetap tersadar. Coba lihat di Indonesia, misalnya tempat pembuangan final sampah erat dengan kota. 

Dampaknya tiap hari amis amis selalu dihirup warga. Ini menciptakan mutu hidup menurun. Industri dibangun di wilayah yang bukan peruntukannya. 
2. Mereklamasi Lahan Bagi negara-negara yang mempunyai lahan sempit dan erat bahari, jalan reklamasi menjadi pilihan terbaik. Dengan mereklamasi laut mereka akan memperluas area negara. Contoh kasatmata adalah Singapura dan Uni Emirat Arab. Baca juga: Batas lempeng tektonik
Kota Dubai di UEA
3. Berbasis Teknologi  Kota-kota di negara maju dikembangkan dengan basis teknologi yang tinggi dan ramah penduduk. Jalur transportasi sangat memadai, kondusif dan nyaman. Tidak ada kemacetan parah dan setiap lokasi dipantau oleh CCTV. 

Di Cina sekarang sudah ada jalur monorel yang menembus apartemen. Konsep kota masa depan kini telah mulai dibangun oleh negara maju. Kaprikornus kota-kota terbaru era 21 yang sering kamu lihat di film fantasi atau Doraemon akan secepatnya terwujud beberapa dekade ke depan.
Kunjungi channel ILMUGURU ya dan jangan lupa subscribe!
4. Prinsip Keberlanjutan Lingkungan Kota-kota di negara maju telah menerapkan rancangan berwawasan lingkungan dalam model pengembangannya. Lihat bandara Changi di Singapura yang sekarang disulap menjadi tempat hutan tropis di dalamnya. 

Lihat juga Central Park di New York yang dibangun agar masyarakatnya mampu refreshing melepas kepenatan di sana. Baca juga: Pola Pengembangan Negara Berkembang