Blogger Jateng

Perubahan Budaya dan Faktor Yang Memengaruhinya

Kebudayaan pada dasarnya yaitu akumulasi dari kebiasaan-kebiasaan sehari-hari. Manusia telah meningkat semenjak ia pertama kali menghuni bumi. Kebudayaan terus berganti dari waktu ke waktu sebab banyak sekali faktor diantaranya. 

Dahulu orang berkirim pesan lewat surat, sekarang sudah ada email. Dulu membajak sawah pakai kerbau, sekarang pakai mesin. Teknologi isu sangat berperan besar dalam pergeseran kebudayaan manusia ketika ini. Berikut ini aspek-aspek yang memengaruhi pergantian kebudayaan:
1. Perubahan kondisi alam Kehidupan manusia pada dasarnya sebab pembiasaan dengan lingkungan fisiknya. Orang yang tinggal di pegunungan niscaya akan berlawanan dengan yang tinggal di gurun gersang. Masyarakat di tempat pegunungan akan bermatapencaharian mayoritas petani sementara di kawasan gurun pasir mungkin akan menggembala. 

Pakaian mereka pun akan berlawanan satu sama lain. Perubahan kondisi lingkungan alam akan membuat kehidupan masyarakatnya pun berganti. Daerah pedesaan yang dulunya banyak lahan pertanian jika menjelma kawasan industri maka kehidupan masyarakatnya pun akan berganti. J

ika sebelumnya banyak yang pergi ke sawah atau lading maka sekarang akan berubah arah menuju pabrik. 

Baca juga:
Memahami bounce rate blog dan dampaknya 
Pilih bisnis blog CPC, Afiliasi atau CPM?
2. Adanya kontak dengan kalangan lain Manusia condong berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain. Budaya yang dibawa oleh para migran ini akan mengalami kontak dengan budaya di daerah lain. Dulu masyarakat Indonesia banyak menganut agama Hindu kemudian setela penjualArab masuk menenteng dagangan budaya dan anutan Islam maka masyarakatHindu perlahan menjadi Islam. Kebiasaan, busana dan makanannya pun akan mengikuti budaya dari Arab.
3. Adanya penemuan Manusia senantiasa berfikir untuk mendapatkan hal baru dan membuat produk mutakhir setiap hari. Adanya penemuan ini akan memiliki dampak pada perubahan contoh hidup insan. Dulu ketika aku kecil, setiap sore niscaya bermain layangan di lapang. 

Kini semenjak gadget merajalela, belum dewasa lebih memilih bermain sendiri, tidak bersosialisasi dan cuma bermain handphone saja. Manusia sekarang lebih banyak bermain di dunia maya bukan dunia positif. Baca juga: Mengatasi kipas laptop panas
Kebudayaan pada dasarnya adalah akumulasi dari kebiasaan Perubahan Budaya dan Faktor Yang Memengaruhinya
Layar monitor kini menjadi toko online
4. Adopsi elemen kebudayaan bangsa lain Semua hal sekarang terkoneksi satu sama lain dengan internet. Orang mampu lebih cepat menyaksikan perkembangan dunia melalui handphone atau laptop. Dengan demikian mereka bisa mencari tahu kebudayaan orang lain dan menjajal mengadopsinya. 

Contoh aktual ialah sistem pakaian atau fashion. Zaman aku dahulu populer celana cut bray ala Elvis sekarang dibalik menjadi bray cut. Nanti mungkin sementara waktu ke depan jadi cut-cut. Baca juga: Cara mengatasi blog sepi visitor
5. Perubahan persepsi hidup karena realitas Perubahan zaman memaksa manusia juga untuk mengikuti alur tersebut. Ini yaitu realitas dan mesti dilakukan jika tak ingin terlihat primitive. Dulu kita berjualan di toko, warung atau supermarket. 

Kini kita bisa berjualan hanya dengan bermodal web atau toko online saja alasannya lebih praktis dan efisien. Manusia telah tak mauribet pergi ke swalayan dan cuma dengan klik di gadget saja telah bisa berbelanja barang. 

Berfikir kongkret dan rasional yaitu acuan pikir yang memang harus dikerjakan untuk mampu survive hidup. Baca juga: Jenis-jenis status sosial
Gambar: ecycle.com.