Blogger Jateng

Nilai Kultural Bangsa Indonesia Yang Harus Dilestarikan

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki budbahasa ketimuran yang punya nilai luhur dalam setiap sendi kehidupan sehari-harinya. Tak heran orang ajaib sungguh menyukai kehidupan penduduk Indonesia. 

Meskipun masih ada sikap yang menyimpang diantara beberapa penduduk , hal tersebut bukanlah sifat orisinil bangsa kita melainkan faktor adanya invasi budaya ajaib yang telah menggerogoti nilai kultural luhur bangsa kita. 

Beberapa nilai kultural bangsa Indonesia yang wajib dilestraikan dalam kehidupan sehari-hari antara lain:  1. Nilai Religius Sejak zaman nenek moyang, bangsa Indonesia kaya akan nilai-nilai religius. Masih ada sebagian penduduk yang menganut sistem ritual dengan perantara roh, benda atau materi lain dan akidah pada Tuhan YME. I

nti dari fatwa religius yakni menghargai persamaan hidup dan memberikan jaminan bahwa setiap insan yang diciptakan memiliki kedudukan yang sama dihadapan Tuhan. Baca juga: welfare state dan kemakmuran
Indonesia ialah salah satu negara dengan tingkat religius tertinggi di dunia. Itulah mengapa kehidupan kita tidak liberal seperti negara barat alasannya adalah kita dipagari oleh nilai religius tadi. 

Kebebasan tidak mutlak kebebasan tanpa batas, namun fleksibilitas yang masih masuk akal dalam batas koridor agama sehingga tiak timbul kerusakan di paras bumi.
2. Nilai Gotong Royong Nilai bahu-membahu pada sebagia besar masyarakat Indoesia masih sungguh kuat dan bertahan sebagai wujud kepedulian untuk membantu sesama. Nilai bantu-membantu timbul dalam bentuk tindakan mirip membantu dalam pembangunan rumah, membangun jembata, sekolah dan yang lain. Baca juga: Pembahasan SBMPTN Geografi 2015
Nilai ini yaitu wujud jaminan persamaan hidup dengan tidak membedakan status sosial, suku, agama, ras dan kalangan. 

Esensi nilai bersama-sama adalah adanya harapan yang berpengaruh dalam setiap anggota masyarakat dalam meringankan beban orang lain sehingga bisa hidup mandiri di kurun depan.  
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki adat ketimuran yang punya nilai luhur dalam s Nilai Kultural Bangsa Indonesia Yang Harus Dilestarikan
Gotong Royong ialah nilai luhur bangsa Indonesia
3. Nilai Ramah Tamah Salah satu kelebihan dan pujian bangsa kita ialah sikap sopan dan ramah kepada siapapun. Esensi dari nilai ini yaitu adanya ketulusan melaksanakan sebuah tindakan dengan berprasangka baik kepada orang lain baik yang telah dikenal maupun belum diketahui . 

Baca juga:
Cara atasi kipas laptop panas dan berisik
Cara mencari uang dari ngeblog
4. Nilai Rela Berkorban Rela berkorban dan cinta tanah air merupakan wujud ketulusan pengorbanan seseorang baik dalam bentuk harta benda maupun nyawa untuk kepentingan harga diri, harkat martabat bangsa dan negara. 

Hidup tanpa mau berkorban demi kepentingan orang lain dan memelihara rasa kebersamaan, tidak akan memiliki arti dalam penduduk .

Esensi dari nilai ini yakni adanya rasa kebanggaan yang mendalam jika sanggup melakukan pengorbanan untuk kepentingan orang lain atau bangsa dan negara selaku wujud rasa cinta yang tulus dan mendalam.  

Baca juga: Konsep pembagian kekuasaan di Indonesia Gambar: flickr