Blogger Jateng

Masuk Kelas di Awal Semester Ngajar Apa?

Sekolah kini sudah memasuki akhir semester dan sekitar bulan Juli kita sudah masuk tahun ajaran gres 2017/2018. Pastinya semua guru akan sibuk menyiapkan segala hal yang berhubungan dengan kegiatan berguru di tahun depan. 

Nah, kadang setiap permulaan masuk kelas di tahun pemikiran gres kita sering galau mau melaksanakan apa?. Apakah langsung ngajar tiba-tiba?. Saya akan berikan beberapa kiat bagaimana mengawali kelas di tahun aliran baru atau awal semester biar siswa tidak shock.
Saya juga banyak menerima ilmu dari guru-guru senior dan pakar pendidikan terkait hal tersebut. Ternyata program kelas di awal semester kuat terhadap penilaian siswa kepada guru dan semangat belajar mereka. 

Intinya jangan eksklusif tiba-datang menunjukkan bahan pelajaran terhadap siswa alasannya adalah itu akan menciptakan siswa bad mood

Apalagi sebelumnya libur panjang tentu anggapan siswa masih ga karuan bukan, jadi kita kembalikan dulu secara perlahan mood siswa untuk siap mencar ilmu. Inilah beberapa acara yang mampu anda lalukan di kelas di awal semester.
1. Perkenalan Saat masuk kelas pertamakali tentu kita akan perkenalan dahulu. Kalau mampu buatlah slide perkenalan diri yang manis. Selain itu bila di permulaan kita bisa membuat slide perkenalan yang manis maka siswa juga akan kepincut dan pasti akan menjadi calon guru favorit. 

Makara kesan pertama akan menjadi pertaruhan anda di lalu hari. Kaprikornus buatlah kesan pertama yang menarik hati.
2. Cari video mempesona perihal kehidupan Seperti saya sudah bilang di permulaan, jangan pribadi berikan bahan alias pemanasan atau foreplay dulu lah. Saya pernah cari gambar atau video yang didalamnya berisi tentang nilai kehidupan atau keadaan kehidupan saat ini. 

Siswa nanti diminta mencermati dan menuliskan isi yang terkandung dalam gambar/video tersebut. Nanti setiap siswa diminta ke depan untuk mengkomunikasikan simpulannya.

 Kalau pakai video, cari vide dengan durasi maksimal 15 menit saja, sebab jikalau kelamaan akan membuat siswa bosan, ini berdasarkan pengalaman aku. Cari aja keyword: people nowadays di google niscaya banyak gambarnya seperti di bawah ini. Usahakan tiap siswa ga sama gambarnya.
Sekolah kini sudah memasuki akhir semester dan sekitar bulan Juli kita sudah masuk tahun a Masuk Kelas di Awal Semester Ngajar Apa?
Contoh gambar kehidupan dikala ini
3. Buat flashback dalam kertas Jika kamu ILMUGURU seperti aku maka anda bisa membuat flashback. Minta siswa untuk mengenang sekilas tentang materi apa yang ia ingat ihwal geografi selama di jenjang sebelumnya. Lalu buat refleksi tentang kesusahan dan apa yang beliau sukai dari bahan pelajaran tersebut. Ini mampu membuat pemetaan kemampuan siswa.
4. Games Carilah games-games yang cukup menarik dan bisa diaplikasikan di kelas. Sesuaikan dengan kondisi jumlah siswa dan tujuan dari games tersebut.  
5. Ceritakan pengalaman piknik Kalau anda mau, mampu juga meminta siswa menulis dan menceritakan pengalaman selama liburan semester. Dengan begini anda akan tahu mana anak yang andal nulis dan masih sulit.
Terakhir, guru wajib menawarkan rincian bahan, project, tugas, tata cara penilaian, aturan dan semua hal yang terkait aktivitas pembelajaran dalam satu semester tersebut. Makara anak akan paham hal-hal yang harus dilakukan dan dihentikan dilaksanakan di kelas selama program mencar ilmu berjalan. Kalau punya ide lain silahkan komen saja ya, biar banyak lagi ilham lain.
Gambar: www.wordsonimages.com