Blogger Jateng

Makna Wawasan Nusantara Kaitannya dengan Geopolitik

Indonesia sebagai suatu negara pasti memiliki posisi tersendiri dalam percaturan dunia internasional. Geopolitik Indonesia tidak lepas dari kaitan antara desain geografi dan politik. 

Geografi pada prinsipnya lebih menekankan pada tata ruang dan hal-hal yang menempati ruang tersebut. Dengan begitu geografi menyangkut pada interelasi antara insan dan lingkungan tempat hidupnya. 
Sementara politik senantiasa berhubungan dengan kekuasaan atau pemerintahan. Jadi jika dikombinasikan, geopolitik yakni sebuah studi yang mengkaji masalah-dilema geografi, sejarah dan ilmu sosial dengan mengacu  pada percaturan politik internasional. 

Geopolitik mengkaji makna strategis dan politis sebuah daerah yang meliputi lokasi, luas serta sumber daya yang ada di dalamnya.
Dalam mengerti geopolitik Indonesia secara nasional, bangsa Indonesia harus memiliki pengetahuan atau pandangan nasional yang serupa. Bila tidak ada maka pembangunan akan tidak berjalan. Rusaknya sendi-sendi pemangunan sering dipicu oleh pelaku pemangunan yang tidak memiliki pengetahuan yang serupa dan balasannya muncul perpecahan sampai separatisme.
Untuk menyingkir dari kasus-masalah disintegrasi bangsa yang pernah terjadi, maka perlu disuntikkan kembali konsep ihwal Wawasan Nusantara. Makna pengetahuan nusantara adalah sebagai berikut:
1. Waawasan mempunyai arti pandangan, tinjauan, penglihatan atau tanggap inderawi. Selain menunjukkan acara untuk mengenali isi serta arti imbas-pengaruhnya dalam kehidupan berbangsa, juga melukiskan cara pandang, cara tinjau, cara lihat atau tanggap inderawi.
2. Nusantara yaitu sebuah konsepsi untuk menggambarkan kesatuan daerah perairan dan deretan pulau-pulau yang terletak diantara samudera pasifik dan samudera hindia serta antara dua daratan Asia dan Australia.
3. Wawasan nusantara artinya cara pandang dan perilaku bangsa Indonesia mengenal diri dan lingkungannya dengna mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan daerah dalam mengadakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Wilayah Nusantara tersusun dari deretan dari pulau-pulau besar dan kecil, membentang di tengah khatulistiwa dengan kekayaan sumber daya alam dan budayanya. Dengan memerhatikan arti wawasan nsuantara tersebut, maka bisa menawan kesimpulan bahwa intinya pengetahuan nusantara memiliki empat makna ialah:
1. Wawasan nusantara mencakup perwujudan kepulauan nusantara selaku satu kesatuan politik. 2. Wawasan nusantara mencakup perwujudan keupulauan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi. 3. Wawasan nusantara meliputi perwujudan kepulauan nusantara selaku satu kesatuan sosial budaya. 4. Wawasan nusantara meliputi perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan pertahanan dan keamanan.
Indonesia sebagai sebuah negara tentu memiliki posisi tersendiri dalam percaturan dunia in Makna Wawasan Nusantara Kaitannya dengan Geopolitik
Indonesia kaya akan budaya
Sebagai kesatuan politik, pengetahuan nusantara mengandung makna: 1. Kebulatan wilayah nasional beserta kekayaannya ialah satu kesatuan wilayah, wadah, ruang hidup dan kesatuan matra seluruh bangsa serta menjadi modal dan milik bareng bangsa Indonesia.
2. Bangsa Indonesia terdiri dari banyak sekali suku dan mengatakan agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME, harus merupakan satu kesatuan bangsa yang bundar dalam arti yang seluas-luasnya.
3. Secara psikologis, bangsa Indonesia harus merasa satu rasa senasib sepenanggungan, sebangsa setanah air dan punya satu tekad dalam mencapai cita-cita bangsa.
4. Pancasila selaku satu-satunya falsafah, ideologi negara yang selalu membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia dalam meraih maksudnya.
Sebagai kesatuan ekonomi, pengetahuan nusantara mengandung makna: 1. Kekayaan nusantara baik potensial maupun efektif ialah modal dan milik bangsa Indonesia. Kekayaan itu harus dikelola untuk kebutuhan sehari-hari dan merata di semu kawasan.
2. Tingkat perkembangan ekonomi mesti serasi dan sebanding di seluruh tempat tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh daerah dalam pengembangan kehidupan ekonominya.
3. Kehidupan perekonomian di seluruh wilayah nusantara ialah satu kesatuan ekonomi yang diselenggrakan selaku perjuangan bersama atas asas kekeluargaan dan ditunjukkan bagi kesejahteraan semua rakyat.
Sebagai satu kesatuan sosial budaya, wawasan nusantara mengandung makna: 1. Masyarakat Indonesia sebagai satu perikehidupan bangsa harus ialah kehidupan yang harmonis dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang serupa, merata dan seimbang serta adanya keserasian yang tepat dengan tingkat pertumbuhan bangsa.
2. Budaya Indonesia pada dasarnya yakni satu kesatuan dalam keberagaman. Inilah yang menjadi modal dasar pembangunan dan sekaligus jati diri bangsa. 
Sebagai satu kesatuan pertahanan keselamatan, pengetahuan nusantara mengandung makna: 1. Segala bahaya terhadap satu pulau atau daerah intinya ialah bahaya bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan. 2. Setiap warga negara memiliki hak dan keharusan yang serupa dalam membela negara dan bangsa.
Gambar: deviantart.net