Blogger Jateng

Kartu Soal Geografi Kelas X, XI dan XII Semester Ganjil

Jika kamu seorang guru pasti akan bermasalah dengan banyak manajemen termasuk kartu soal. Sebelum aku berikan teladan kartu soal geografi, aku akan jelaskan dahulu fungsi dari kartu soal. Saat akan melakukan ulangan atau ujian pasti setiap guru akan diminta menghimpun kartu soal bukan?. 

Mengapa harus ada kartu soal sih, kan di kisi-kisi soal juga telah cukup?. Saya juga sempat berfikir demikian karena seperti kita mesti kerja beberapa kali. Memang kenyataannya begitu sih, namun ya bagaimana lagi telah ditugaskan oleh negara ya harus dikerjakan alasannya adalah pasti diinta saat pengakuan.
Berdasarkan literasi yang saya baca dari modul TOT Nasional diterangkan bahwa tujuan utama dari pengerjaan kartu soal ialah sebagai data storage dalam bank soal sekolah. Kalau di perpustakaan sama halnya dengan katalog. 

Menurut saya kartu soal ini cocok dilakukan pada zaman dulu alias belum ada komputer. Kalau dikala ini data storage sudah cukup simpan di hardisk saja. 
Nampaknya memang guru kita pada umumnya menciptakan administrasi sekolah sehingga tidak ada waktu untuk membuat perencanaan pelajaran di kelas yang manis. Saya pernah berbincang-bincang dengan teman saya guru Cambridge dari Filipina. 

Ia berkata bahwa guru Cambridge tidak dipusingkan dengan administrasi yang rumit karena telah ada yang mengahandle. Guru cuma fokus membuat perencanaan belajar yang bagus dan mengecek. 

Urusan administrasi telah ditawarkan. Daripada panjang lebar lagi, di bawah ini aku berikan contoh kartu soal geografi UAS semester ganjil semua kelas, semoga memiliki kegunaan. Tinggal ganti soal sesuai selera saja alasannya formatnya sama pada umumnya. Kartu Soal UAS Geografi X by Blues Agnaz on Scribd Kartu Soal Geografi Kelas XI by Blues Agnaz on Scribd Kartu Soal Geografi Kelas XII by Blues Agnaz on Scribd