Blogger Jateng

Bioma Taiga: Ciri, Flora Fauna dan Sebarannya

Bioma Taiga atau konifer ialah bioma terluas di Bumi tetapi dia terasa hambar dan sepi. Cuaca cuek dan kekurangan suplai kuliner membuat kehidupan di bioma ini sulit khususnya di demam berita dingin.

Beberapa binatang akan berhibernasi di demam gosip dingin atau melayang ke selatan. Taiga berlokasi di erat daerah kutub utara di bawah bioma tundra. Sebarannya ada di Kanada, Alaska, sebagian Skandinavia dan Siberia.
Musim acuh taacuh di taiga sungguh dingin dengan hujan salju menutupi permukaan dan dedaunan. Musim panasnya hangat, hujan dan lembab. 

Banyak jenis pohon konifer berkembang di hutan taiga. Taiga sering disebut juga hutan boreal. Boreal merupakan yang kuasa angin utara dalam mitologi Yunani. Baca juga: Tipe-Tipe Tanah Longsor menurut BNPB
Taiga tidak memiliki banyak spesies flora dan binatang mirip halnya hutan tropis atau gugur. Namun taiga mempunyai jutaan serangga di info terkini panas. Burung bermigrasi ke bioma ini tiap tahun untuk bersarang dan makan.
Hutan taiga di demam isu cuek
Cuaca dan Iklim Taiga Suhu rata-rata bioma taiga di bawah titik beku selama enam bulan dalam satu tahun. Suhu demam info acuh taacuh ada di angka -54 sampai -1 derajat Celcius. 

Musim hambar sangat acuh taacuh dan bersalju. Suhu di animo panas lebih hangat, hujan dan lembab. Suhu turun hingga -7 sampai 21 derajat Celcius. 

Musim panas relative pendek adalah 50 - 100 hari. Musim panas akan mencairkan es di permukaan Tanah, bunga-bunga akan bermekaran dan binatang akan berdiri dari hibernasinya.
Total curah hujan setahun yakni 30 -85 cm. Bentuk presipitasi di hutan taiga adalah hujan, salju dan embun. Sebagian besar presipitasi di taiga jatuh seperti hujan di isu terkini panas.  

Musim utama di taiga adalah demam info cuek dan panas. Musim semi dan trend gugur sungguh singkat dan kau tidak akan pernah mengetahuinya.
Biodiversitas Tidak banyak spesies flora di taiga alasannya kondisinya yang keras. Tidak banyak jenis vegetasi yang bisa bertahan dalam animo hambar di sana. 

Ada berbagai macam lumut hidup di sana namun vegetasi utama yaitu pohon konifer mirip pinus, cemara putih dan hemlock.
Fauna bioma taiga, beruang grizly
Pohon konifer sering disebut juga evergereen. Mereka punya karakteristik panjang, berdaun tipis mirip jarum dan berlilin. Lilin memberi mereka dukungan dari suhu beku dan kekeringan. Warna gelap dari daun konifer memungkinkan mereka menyerap panas matahari dan juga menolong mengawali fotosintesa lebih awal.
Peta Bioma Taiga
Taiga condong hidup berdekatan satu sama lain dan ini menunjukkan mereka perlindungan dari angin dan cuaca hambar. 

Konifer berupa seperti kerucut sehingga melindungi cabang biar tidak runtuh karena beban salju di atasnya. Salju langsung turun dari cabang-cabang yang miring.
Taiga sangat rentan kepada kebakaran. Pohon di sini telah beradaptasi dengan menumbuhkan kulit kayu tebal. Kebakaran akanca juga: Terbentuknya angin fohn
Hewan di taiga condong menjadi pemangsa mirip lynx dan anggota serigala. Mereka berburu herbivora mirip kelinci salju dan tupai merah. Beruang grizly dan beruang hitam juga hidup disini dengan memangsa ikan salmon di sungai. 

Banyak burung pemakan serangga datang ke taiga untuk meningkat biak. Burung gagak, burung hantu burung pipit hidup disini. Baca juga: Jenis-jenis ekosistem air tawar
Gambar: gallerychip.com,  pixgood.com, mrnussbaum.com