Blogger Jateng

Bioma Hutan Gugur: Ciri, Flora Fauna dan Sebarannya

Hutan gugur atau deciduous bisa didapatkan di penggalan timur Amerika Utara dan daerah tengah daratan Eropa, serta sebagian kecil Asia terutama Jepang, Rusia barat daya dan Cina timur. 

Amerika selatan memiliki dua area besar hutan gugur yaitu di pantai selatan Chile dan pantai timur dan tengah Paraguay. Australia dan Selandia baru juga mempunyai huta gugur. Baca juga: Tips mengatasi gugup dikala Ujian Nasional
Suhu tahunan hutan gugur adalah 50⁰C dengan curah hujan rata-rata 30 - 60 inchi per tahun. Hutan gugur terbagi ke dalam empat zona yakni:
1. Zona pohon kanopi ialah zona pertama yang berisi pohon-pohon keras seperti Oak, basswood, maple, walnut, elm, karet elok dan beech. Zona ini dihuni pohon dengan tinggi antara 60 - 100 kaki. 2. Zona pohon kecil dan muda yakni zona kedua. Ciri dari zona ini mempunyai pohon muda dan pendek. 3. Zona ketiga disebut zona semak belukar. Beberapa jenis semak di kawasan ini yaitu rhododendron, azalea dan huckleberry. 4. Zona keempat adalah tanaman herbal. Zona ini berisi tanaman pendek seperti herbal-herbalan. 5. Zona terakhir yaitu zona Tanah yang berisi lumut-lumutan.
Bioma hutan gugur
Hutan gugur punya empat demam info yang jelas ialah isu terkini semi, panas, gugur dan cuek. Setiap isu terkini akan mengeluarkan warna bertentangan. Semi akan mekar kehijauan, panas akan mulai menguning dan merah, gugur akan mulai rontok dan hambar akan putih tertutup salju.
Hutan gugur mempunyai bulan terpanas pada Juli yang mampu meraih 38⁰C. Karena sebagian besar hujan turun di informasi terkini panas maka bisa mencapai 40 cm lebih. Bulan Desember suhu bisa menjangkau 1⁰C. Selama berita terkini acuh taacuh hujan tidak turun mirip trend panas. Suhu dan kelembaban mampu berganti dalam satu hari, hitungan jam bahkan menit. 

Suhu di hutan gugur tidak banyak turun dari siang ke malam. Faktornya yakni 60 - 80% hutan tergolong lembab dan menolong menetralkan suhu semoga tetap konstan. Selimut udara lembab mengisolasi hutan membantu menahan panas di malam hari. 

Di siang hari, isolator ini menghalangi hutan semoga tidak terlalu cepat panas. Kaprikornus jika mau liburan ke hutan gugur anda tidak perlu cemas perihal pergantian cuaca ekstrim.
Peta Bioma Hutan Gugur
Flora dan fauna di hutan gugur beradaptasi dengan iklim dengan berhibernasi di trend hambar dan hidup di luar Tanah pada tiga trend selanjutnya. Hewan tersebut telah menyesuaikan dengan Tanah dan tanaman di sana. 

Pepohonan menawarkan kawasan berlindung bagi hewan, sumber makanan dan air. Sebagian hewan berkamuflase semoga sesuai dengan warna Tanah. Contoh hewan di bioma hutan gugur diantaranya: rusa, tupai, salamander, ular, katak, serangga, berang-berang dan burung pelatuk.
Fauna hutan gugur: Tupai
Tumbuhan sudah mengikuti keadaan dengan hutan dengan mengarah ke matahari. Banyak hutan gugur telah kehilangan lahan menjadi pertanian dan kota. Perburuan liar juga menjadi persoalan di bioma hutan gugur. Baca juga: Mengenal ekosistem air tawar
Tanah hutan gugur condong subur dan beberapa lokasi pertanian besar ditemukan di bioma ini. Inilah salah satu argumentasi mengapa tidak banyak hutan gugur orisinil yang tersisa di dunia. Hutan gugur tersebar di tempat iklim sedang diatas tropis. 
Baca juga:  
Ini beliau kiat menghadapi Ujian Nasional top markotop
Perbedaan air tanah dalam dan air tanah dangkal
Gambar: pic2fly.com, brobcano.blogspot.com carbonbrief.org