Blogger Jateng

6 Kesalahan Membuat Power Point Pembelajaran

Salah satu kemampuan guru yang sungguh penting yakni menciptakan penyuguhan pembelajaran dan mentransfernya ke siswa. Membuat penyuguhan paling mudah ialah dengan memakai power point. 

Namun tidak semua orang tahu dan paham wacana bagaimana menciptakan power point yang manis. Siswa sangat kasar mencar ilmu bila guru nya menyuguhkan power point yang baik. 

Membuat power point yang bagus tidak bisa dalam sekejap mata bisa berhari-hari bahkan. Salah membuat power point cuma akna menciptakan siswa bosan dan ngantuk-ngantuk di kelas. Baca juga: Cara membuat latar belakang makalah pengamatan
Bagaimana mengajar dengan baik jika menciptakan power point nya saja asal-asalan bukan?. Cape, ga ada waktu, ga mampu?, stop itu yaitu alasan yang menciptakan anda kian tidak meningkat alias nyungsep. 

Tidak ada kata mengalah dalam mencar ilmu. Jangan hingga guru mengajarkan siswa supaya tidak malas namun dia sendiri tidak mau berguru, piye to?.  Berikut ini beberapa kesalahan mendasar yang membuat power point pembelajaran anda gagal total.
Ini slide atau buku kisah?
1. Copas tulisan dari web/buku Banyak sekali guru bahkan dosen ketika kuliah yang dikala memperlihatkan power point isinya goresan pena semua. Jadi di slide kaya novel alias buku kisah, tak ada ada gambar, video. Presentasi seperti ini sungguh tidak bermutu dan menciptakan anak tidak bergairah. 

Atau menuliskan apa yang ada di buku paket siswa jadi materinya sama. Makara apa bedanya anda bikin slide, tinggal minta anak dan baca buku juga sama aja kan?. Carilah materi lainnya dengan Bahasa anda sendiri.
2. Penggunaan warna salah Saat aku menugaskan siswa untuk membuat ppt, masih banyak yang menggunakan warna seenaknya. Background pink tulisan putih, ya tentu mata pusing. Dalam hukum, background harus kontras dengan tulisan. 

Makara pelajarilah ihwal variasi warna. Jangan telalu menciptakan slide yang berwarna-warni seperti pelangi. Tulisan dengan background slide harus kontras.
3. Tidak menyisipkan gambar/video Memang budaya instan masih menghinggapi sebagian penduduk . Power point bukan papan tulis yang anda perlakukan di kelas. Ada video dan gambar yang dapat difungsikan. Carilah gambar dan video yang menawan dan sisipkan dalam slide. 

Jika anda tidak mau membuatnya ya lebih baik jangan buat power point, menulis saja di papan tulis. Hal lain adalah cara gambar/video bermutu bagus allias HD. Jangan insert gambar yang buram dan jelek. Baca juga: Tips membuat kliping yang bagus
4. Menggunakan font abnormal Ada banyak jenis font atua karakter di Office, namun ingat tidak semua font tersebut mampu dipakai dalam ppt. Carilah font yang biasa seperti arial atau times new roman atau lainnya yang gampang dilihat orang. 

Jangan sampai anda menggunakan font yang nyeleneh seperti gothic atau lainnya yang miring ga jelas, anda mau otak audience miring juga?.
5. Tidak menguasai bahan Seringkali ketika penyajian kita hanya baca slide saja tanpa tau apa yang dijelaskan. Sudah slidenya buruk, presentasinya buruk pula maka tamatlah telah. Satu slide mampu dipaparkan beberapa menit kalau presenter mengenali apa yang beliau cantumkan di slide. 

Jadi pelajarilah dulu bahan materi slide sebelum anda mempresentasikannya, bila tidak anda akan mati gaya di kelas.
6. Tidak mau belajar Inilah dilema paling utama yaitu guru nya ga mau belajar. Sekarang ini sudah abad teknologi, dan kita mesti mengikuti keadaan. Semua akan beres bila mau belajar meskipun ada yang cepat atau lambat. 

Anda tinggal pilih mau anda mengontrol waktu atau waktu yang menertibkan anda. Saya pun mulanya dahulu sama tidak mengenali sama sekali tentang cara membuat power point yang baik, tetapi lambat laun aku ikut pelatihan, googling di web dan kesannya mampu membuat power point yang tidak lagi copas goresan pena.
Coba lihat penghidangan CEO terkemuka dunia mirip Steve Jobs. Ia tidak banyak menggunakan tabrakan pena bahkan hanya menampung gambar saja. Namanya juga powet point (kekuatan point), jadi slide cuma poin utama sisanya speaker yang bertanggung jawab mengkomunikasikan. 

Jika anda ingin menjadi guru berkharisma maka belajarlah membuat prsentasi yang oke punya. Tidak harus semua pertemuan buat elok, karena memang menyedot waktu. Minimal dalam satu bulan ada satu yang berkualitas cetar membahana itu sudah bagus, nanti akan terus berkembang. 

Memang untuk menjadi expert butuh perjuangan dan ingat bahwa kesuksesan tidak akan pernah mengkhiatanati perjuangan.