Blogger Jateng

5 Komponen Utama Sistem Informasi Geografi

Sistem Informasi Geografi atau SIG ialah sebuah metode komputer yang terintegrasi dengan geografi atau fenomena keruangan. Perkembangan teknologi dan info yang cepat menciptakan geografi kini menjadi disiplin ilmu yang begitu penting. 

SIG mempunyai 5 komponen ialah hardware, software, data, sistem dan manusia. Berikut pembahasan lengkapnya.
Hardware Hardware merupakan perangkat komputer yang mampu mengoperasikan SIG. Software SIG dapat diinstal dan bekerja dalam banyak sekali tipe komputer. Hardware diantaranya monitor, CPU, RAM, Hardisk, printer dan keyboard. 

Software SIG banyak dijual di pasaran dan bisa diinstal sendiri di komputer rumah. Untuk melaksanakan program SIG dengan lancar maka dibutukan kompter dngan 
Software Software SIG menyediakan banyak sekali tools dan fungsi untuk menyimpan, memeriksa dan menampilkan informasi keruangan. Komponen software berfungsi: - meng input dan memanipulasi data geografis. - selaku database manajemen - alat untuk mengecek, mengelompokan, dan visualisasi data keruangan - menampilkan data grafis keruangan Contoh software SIG diantaranya Google Map, Arc View, Map Info.
Sistem Informasi Geografi atau SIG merupakan suatu sistem komputer yang terintegrasi denga 5 Komponen Utama Sistem Informasi Geografi
Pemrosesan SIG
Data Bisa jadi, data ialah bagian paling penting dalam SIG. Data keruangan dan tabel dapat dikumpulkan lewat pengamatan atau berbelanja dari pusat pemasokdata komersil. SIG bisa mengintegrasikan data spasial dengan data yang lain dan diolah dalam basis data tata cara administrasi. Data ini diinput kemudian diolah dan ditampikan kesudahannya oleh software SIG.
Manusia Teknologi SIG sungguh tidak akan berfungsi jika tidak ada manusia yang melakukan sistem dan mengembangkannya. SIG membutuhkan tenaga cekatan atau hebat yang bisa menciptakan tata cara, aplikasi dan mengecek data keruangan supaya mampu digunakan di dunia konkret. 
Metode Sukses tidaknya pengoperasian SIG sangat bergantung pada perencanaan dan alur kerja yang terang. Berbagai metode pengembangan dan pengoperasian sangat memengaruhi terhadap sistem kerja SIG. 

Gambar: en.ugi.ru