Blogger Jateng

Tokoh-Tokoh Geografi Kuno/Klasik

Geograf ialah disiplin ilmu yang sudah meningkat usang di bumi ini. Sejak permulaan mula manusia timbul di permukaan bumi, pada dasarnya mereka telah bisa menangkap fenomena lewat panca indera mereka. 

Namun pencatatan dan observasi ihwal fenomena tersebut mulai dilakukan terutama semenjak para pelaut Eropa pergi menjelajah kawasan baru di bumi ini. Catatan perjalanan itulah yang menjadi permulaan mulai berkembangnya geografi.

Baca juga:
Memahami simbol dan warna peta
Perbedaan arktik dan antartika
Geografi sudah mulai terbentuk sejak zaman Yunani kuno. Pada kala tersebut banyak sekali fenomena sering dikaitakan dengan mitologi Yunani antik sehingga akal sehat akal masih belum digunakan. Lalu siapa pun tokoh-tokoh geografi periode antik atau klasik?. Berikut ini daftarnya:
1. Amaximandaros Ia ialah salah satu filsuf Yunani yang mengemukakan hipotesa bahwa Bumi berupa silinder dan pada tahun 550 SM membuat peta bumi pertama. Menurut perhitungannya, perbandingan silinder dan garis tengah bumi menurutnya yaitu 3:1. 

Bagian bumi yang dihuni manusia merupakan suatu pulau yang berupa bundar yang muncul dari bahari. Karena dalil tersebut, maka peta yang dihasilkannya berbentuk seperti jamur.
Geograf merupakan disiplin ilmu yang telah berkembang lama di bumi ini Tokoh-Tokoh Geografi Kuno/Klasik
Peta dunia pertama
2. Thales Ia mengemuakan hipotesa yang menyatakan bumi berbentuk keping silinder dan mengapung di atas air dengan separuh bola hampa di atasnya. Pendapat ini dimentahkan satu era kemudian oleh Parminedes yang menyatakan jika bumi ini lingkaran. Baca juga: Pengertian dan ciri negara meningkat
3. Herodotus Ia ialah seorang filsuf geografi dan filsafat. Ia menyatakan bahwa ada relasi antara pertumbuhan manusia dengan aspek-faktor fisik yang ada di daerah yang bersangkutan.

Pada tahun 450 SM beliau kemudian menciptakan peta dunia dan membagi bumi menjadi tiga wilayah utama yakni: Eropa, Asia dan Libya Afrika. Peta yang ia buat sangatlah sederhana dan masih jauh dengan peta yang kita kenal ketika ini. 
Terkait Bumi selaku planet, Herodotus menyatakan bahwa bumi berupa bulatan yang terdiri atas dua lapis adalah lapisan pertama ialah zat padat dengan perairan dan lapisan kedua adalah uap pada lapisan bulatan pertama yang dipengaruhi panas matahari.
4. Homerus Ia ialah seorang penjelajah asal Yunani dan banyak menulis ihwal keadaan Laut Tengah yang telah dia arungi.
5. Pitheas Merupakan seorang geograf asal Massilia, Perancis dan menciptakan karya berupa goresan pena hasil perjalanan dari pantai Eropa ke Inggris.
6. Eratosthenes Adalah filsuf Yunani yang mencetuskan nama geografi pertamakali dalam karya tulisnya yang berjudul "Geographia". Bukunya terdiri atas tiga jilid. Jilid pertama menjelaskan pergantian-pergantian antara daratan dan lautan serta arus maritim. 

Jilid kedua menjelaskan benda-benda langit dan jaring-jaring astronomis. Jilid ketiga berisi uraian tentang tempat dan orangnya. Ia berjasa dalam melakukan pengukuran terhadap jaring-jaring derajat bumi. 

Berdasarkan berkas rambatan sinar matahari yang jatuh ke bumi, berdasarkan hitungannya menyatakan bahwa jarak Assuan dan Alexandria yaitu 5.000 stadia atau 910 km dan keliling bumi yaitu 252.000 stadia atau 45.654 km. 
Geograf merupakan disiplin ilmu yang telah berkembang lama di bumi ini Tokoh-Tokoh Geografi Kuno/Klasik
Peta dunia Eratosthenes
7. Strabo Ia mengemukakan perkiraan wacana besarnya imbas lingkungan setempat kepada pengelompokkan kebudayaan dan pembagian pemerintahan. Strabo termasuk tokoh geografi yang berpaham "determinis lingkungan". 

Geografi berhubungan dengan aspek lokasi, karakteristik tertentu dan hubungan antara satu tempat dengan daerah lainnya di paras bumi secara keseluruhan. Konsep ini ialah belahan awal dari ungkapan regional.
8. Ptolemy Pada 150 M beliau membuat suatu peta yang menggambarkan benua Asia, Eropa dan Afrika. Ia juga ialah orang pertama yang memperkenalkan zonasi iklim di bumi. Ada 24 daerah iklim menurut lamanya hari terpanjang dari ekuator sampai kutub. 

Ia juga menulis buku tentang pengetahuan bumi dan bangsa-bangsa yang ada di dalamnya dengan judul Goegrafice Hyphegesys dalam 8 bab.

Baca juga: Soal hots geografi dan kunci bab hakikat geografi

Sumber: Iwan Hermawan. Geografi Sebuah Pengantar  amusingplanet.com, atlasandboots.com