Blogger Jateng

Profil dan Ciri Galaksi Bima Sakti

Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi kawasan kita hidup di alam semesta. Galaksi ini berupa spiral palang berlengan empat. Pusat galaksi Bima Sakti terletak sektiar 26.000 tahun cahaya dari Bumi dan mengandung satu lubang hitam supermasif yang dilintasi suatu palang. 

Bima Sakti atau Milky Way mulai terbentuk sekitar 12 milyar tahun kemudian dan ialah bab dari golongan 50 galaksi yang disebut Local Group. Andromeda ialah bab dari kelompok galaksi ini bareng galaksi lain yang lebih kecil seperti Awan Magellan. 

Local Group sendiri ialah bagian dari kumpulan galaksi yang lebih besar yang disebut Kanya Supercluster. Baca juga: Konsep lokasi absolut dan relatif
Profil Galaksi Bima Sakti Tipe : Galaksi Spiral Palang Diameter : 100.000 - 180.000 tahun cahaya Jarak ke Pusat Galaksi : 27.000 tahun cahaya Umur : 13,6 milyar tahun Jumlah Bintang : 100 - 400 milyar Konstelasi : Sagitarius Kelompok : Local Group  
Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat kita hidup di alam semesta Profil dan Ciri Galaksi Bima Sakti
Gugusan Bintang di Bima Sakti
Fakta Galaksi Bima Sakti 1. Galaksi Bima Sakti diawali dari adanya kawasan padat di alam semesta tidak usang sehabis Big Bang. Bintang pertama yang terbentuk berada dalam globular clusters dan hingga sekarang masih ada. Mereka masuk ke dalam bintang tertua yang terbentuk di Bima Sakti. 
2. Bima Sakti sudah berkembang dan bergabung dengna galaksi lain sepanjang waktu. Saat ini Bima Sakti mendapatkan bintang dari galaksi kecil yang disebut Sagitarius Dwarf Spheroidal dan juga menelan materi Awan Magellan.

Baca juga:
Penyebaran bioma tundra di bumi
Perambatan panas matahari di bumi
3. Bima Sakti bergerak melalui ruang angkasa dengan kecepatan sekitar 552 km per detik.
4. Inti pusat Galaksi berisi lubang hitam supermasif. Hal ini lazimdisebut selaku Sagitarius A. Lubang hitam ini punya massa 4,3 juta kali matahari.
5. Bintang, gas dan bubuk Bima Sakti semuanya mengorbit pusat dengan kecepatan 220 km per detik. Angka konstan untuk semua bintang pada jarak berlawanan menyiratkan adanya materi gelap yang mengelilingi galaksi kita.
6. Galaksi ini akan bertabrakan dengan Andromeda sekitar 5 milyar tahun dan jikalau bergabung akan menjadi tata cara galaksi biner spiral raksasa.
7. Nama Bima Sakti direkomendasikan oleh Ir. Soekarno ketika dia sedang berkunjung ke Observatorium Bosscha di Bandung. Baca juga: Terbentuknya angin fohn
Gambar: flikr