Blogger Jateng

Perkembangan Kota di Indonesia

Kota ialah hasil dari perwujudan aktifitas insan dengan lingkungannya. Pekembangan sebuah kota dipengaruhi oleh kondisi fisik dan kondisi insan yang bertempat tinggal di dalamnya. 

Dalam sejarahnya, kota intinya meningkat dari satu unit kampung yang berkembang dari waktu ke waktu. Namun ketika ini, kota bisa dibangun secara instan sebab faktor tertentu mirip adanya program pemerintah. 

Di Indonesia sendiri, sejarah kota-kota besar sangat bermacam-macam dan kebanyakan berasal dari sejarah awal mula kehidupan manusia di dalamnya terjadi. Berikut ini sejarah kemajuan kota di Indonesia. 
1. Kota Pusat Perkebunan Indonesia terkenal mempunyai morfologi yang bervariasi khususnya dataran tinggi. Kota-kota di Indonesia beberapa berasal dari acara perkebunan yang sudah dimulai semenjak zaman kolonial. Kota tersebut diantaranya Bandung, Bogor, Deliserdang dan Brastagi.
Kota Bandung dikala ini, pic: bandung.bisnis.com
2. Kota Pusat Pertambangan Ditemukannya bijih mineral di beberapa lokasi menjadikan datangnya pertambangan. Kegiatan pertambangan lambat laun meningkat pesat dan menciptakan kota. Beberapa kota besar yang lahir dari kegiatan pertambangan diantaranya Sawahlunto, Tembagapura dan Bontang.
Kota Bontang di Kalimantan Timur, pic: badaklng.co.id
3. Kota Pusat Industri dan Perdagangan Pertumbuhan insan menciptakan keperluan kian banyak. Pelaku industri lalu masuk menancapkan pabriknya di beberapa lokasi. Lokasi pabrik lalu meningkat dengan dibangunnya jalan, pemukiman dan lahirlah kota gres. Contoh kota yang berbasis industri diantaranya Karawang, Jababeka dan Batam.
Kawasan Industri Karawang
4. Kota Pusat Pendidikan dan Kebudayaan Adanya forum-forum pendidikan ternama dan budaya lokal yang khas menjadi sebuah kawasan menjadi pusat acara pendidikan dan kebudayaan. Contohnya yakni Jogjakarta dan Denpasar. Baca juga: Bedanya lokasi adikara dan relatif
Jogjakarta pusat kebudayaan dan pendidikan, pic: oia.ukdw.ac.id
5. Kota Pusat Pemerintahan Adanya aktivitas pemerintahan menciptakan berbagai aktifitas semakin pesat sehingga menciptakan kutub kemajuan. Contoh paling nyata yaitu Jakarta dan Surabaya.
Kota Jakarta di pagi hari, flikr.com
6. Kota Pusat Pelabuhan Aktivitas bongkar muat barang menciptakan tempat sekitar pelabuhan meningkat kian menyebar. Jakarta, Semarang dan Surabaya pada mulanya ialah suatu pelabuhan yang bermetamorfosis kota sentra pemerintahan hingga dikala ini.
Pelabuhan Sunda Kelapa, pic: port.trikarsa.com
Perkembangan kota juga mampu dilihat dari jumlah penduduknya. Menurut jumlah populasinya, kota dibagi menjadi: - kota kecil, populasi 20.000 - 100.000 jiwa. - kota besar, populasi 100.000 - 1 juta jiwa. - kota metropolitan, populasi > 1 juta jiwa. 

Baca juga ya!:
Faktor kemajuan kota di Indonesia
Ciri masyarakat pedesaan berdasarkan Parson