Blogger Jateng

Mid Ocean Ridge atau Tanggul Dasar Samudera

Mid Ocean Ridge atau MOR menyelimuti bumi ini seperti jahitan pada bola baseball. MOR membentang sejauh 65.00 km di seluruh bumi. Mayoritas metode tanggul tektonik ini berada di bawah lautan dengan kedalaman rata-rata 2.500 meter di bawah permukaan air laut. 

MOR mulai didapatkan pada tahun 1950an alasannya keberadaannya yang jauh di dasar bahari sehingga luput dari mata insan. Baca juga: Beda geosentris dan heliosentris
MOR atau punggung bahari secara geologi penting alasannya adalah beliau terbentuk di batas sepanjang lempeng divergen dimana lantai samudera tercipta bersamaan dengan lempeng bumi yang menyebar. 

Ketika dua lempengan kerak bumi terpisah, magma cair akan naik ke dasar laut menciptakan letusan gunung api besar bertipe basalt dan membangun jaringan rantai gunung api terpanjang di dunia. Karena secara umum dikuasai erupsi berada di dasar lautan, MOR sering sukar diidentifikasi. 
Peta Lantai Samudera
Tingkat sebaran punggung maritim ini beragam, ada yang lambat tidak lebih dari 1-3 cm per tahun dan ada yang bergerak menyebar denga kecepatan 10-20 cm per tahun. Kecepatan penyebaran memengaruhi topografi punggungan maritim yang akan dihasilkan. 

Penyebaran yang lambat akan menciptakan topografi yang tidak terencana dan lereng curam serta relatif sempit. Penyebaran yang cepat akan menciptakan profil punggung maritim yang lebih luas dengan lereng yang lebih landai.
Dua MOR yang sangat diamati oleh para ilmuwan ialah Mid Atlantic Ride (MAR) dan East Pasific Rise (EPR). Mid Atlantic membangun lantai Samudera Atlantik dengan kecepatan pergerakan 5 cm per tahun dan membangun lembah retakan mirip Grand Canyon. 

Sebaliknya East Pasific Rise menyebar dengan kecepatan 6-16 cm per tahun. Karena kecepatannya tinggi maka EPR tidak meghasilkan lembah besar tetapi cuma puncak gunung api halus dengan celah pendek dari MAR. Baca juga: Genesa batuan beku
Meski perlengkapan mutakhir didapatkan, tetapi fenomena MOR ini tetap masih banyak menyisakan misteri bagi para ilmuwan. MOR juga terbentuk di Venus, Mars bahkan Bulan. Makara, fase pembentukkan mid ocean ride yakni sebagai berikut:
1. mantel bumi panas naik. 2. magma lalu melehkan litosfer. 3. lava kemudian timbul ke atas permukaan dasar lautan dan membentuk kerak baru. 4. lemoeng kerak bumi gres terpisah, mendingin dan kian menebal.

Baca juga: Kenapa suhu air laut beda-beda
Untuk lebih memahaminya, silhkan lihat video dibawah ya.
Sumber: youtube, profemartin.wordpress.com