Blogger Jateng

Klasifikasi Organisme Dalam Biosfer

Bumi ini dihuni oleh beragam jenis mahluk hidup dari mulai yang terkecil hingga yang terbesar. Istilah Spesies berasal dari bahasa latin antik yang artinya baik. 

Definisi lebih teknis dari spesies yakni golongan organisme yang meningkat biak tidak sama dengan anggota organisme lain. Ahli Biologi memperkirakan bahwa sekitar 10 sampai 40 juta spesies bertentangan menghuni Bumi. Dari jutaan spesies ini sekitar 1,5 juta sudah diklasifikasikan.
Orang pertama yang mengajukan sistem pembagian terstruktur mengenai organisme di planet ini yaitu Linnaeus pada 1753. Dalam sistem penjabaran, unit paling bawah dalam pengorganisasian kehidupan yakni spesies. 

Linnaeus menyarankan agar setiap organisme diklasfikasikan dengan binomial unik yang disebut binomial nomenclature. Istlah pertama dalam sistem pembagian terstruktur mengenai ini yakni nama generik organisme atau Genus. Istilah kedua adalah nama atau spesies organisme.
Sistem pembagian terstruktur mengenai ketika ini sudah meningkat dari karya awal Linnaeus. Namun metode klasifikasi modern ini jauh lebih rumit sebab banyak tingkatan dalam organisasi hierarki nya. 

Sistem ini juga bersifat taksonomi (korelasi struktural dan fisik organisme), filogenik (klasifikasi berdasarkan kekerabatan genetik antara organisme).
Klasifikasi terbaru ini distandarisasi dalam metode hierarki yang berangkat dari yang umum ke yang spesifik. Contohnya kita lihat dari pohon maple di bawah. Perhatikan bahwa setiap tingkat organisasi didasarkan pada beberapa karakteristikbiologi yang dimiliki organisme.
Bumi ini dihuni oleh beragam jenis mahluk hidup dari mulai yang terkecil hingga yang terbe Klasifikasi Organisme Dalam Biosfer
Klasifikasi Taksonomi Organisme
Sumber: physicalgeography.net