Blogger Jateng

Kapan Zaman Es Terjadi?

Pernah nonton film Ice Age?. Itu ihwal kehidupan sekelompok binatang purba yang hidup dan berpetualang di zaman es. Memang ada zaman es?. Zaman es dimulai sekitar 2,4 juta tahun lalu berlangsung hingga 11.500 tahun lalu. 

Selama masa tersebut iklim di bumi menjelma sangat hambar dimana gletser menutupi sebagian besar dunia (tidak seluruhnya ya!). Setelah zaman es rampung dan gletser di beberap kawasan meleleh maka menjelma zaman interglasial. 
Makara kita kini sedang hidup di zaman interglasial ya!. Menurut penelitian geologi setidaknya ada 17 siklus kurun glasial dan interglasial di Bumi. Periode glasial berlangsung lebih lama dibandingkan abad interglasial. Periode glasial terakhir dimulai sekitar 100.000 tahun yang lalu dan berlangsung sampai 25.000 tahun yang kemudian.
Peta Zaman Es
Darimana kita tahu adanya zaman es tersebut?. Saat gletser tumbuh dan bergerak diatas permukaan bumi ia akan mendorong batuan dan sedimen. Saat gletser tersebut meleleh dia akan meninggalkan tumpukkan batu di belakangnya. 

Tumpukan batu tersebut disebut moraines. Moraine ini menawarkan bukti bahwa gletser pernah menutupi sebagian besar dunia pada masa kemudian.
Para ilmuwan juga mempelajari susunan kimia initi es di Greenland dan endapan watu di dasar lautan. Bahan kimia tersebut akan menawarkan kapan dan bagaimana zaman es mampu terbentuk.
Selama zaman es ini, beberapa mamalia hidup mulai dari rusa, tikus dan bajing tanah. Namun ada juga mamalia yang tidak lazimalias bertubuhbesar dan kini sudah punah mirip Mammoth. 

Baca juga:
Metode konservasi tanah mekanik dan vegetatif
Perbedaan lava Aa dan Pahoehoe
Sekitar 10.000 -12.000 tahun kemudian sebagian mamalia raksasa yang hidup pada zaman es punah. Mengapa hal tersebut terjadi?. Ada beberapa hipotesa.
Mamalia Zaman Es
Pertama, ada kaitannya dengan perubahan iklim. Sekitar 12,8 ribu - 11,5 ribu tahun kemudian, cuaca menjadi sungguh acuh taacuh dan mengubah lingkungan dimana mamalia ini tinggal. Ahli paleontologi menganggap cuaca acuh taacuh ekstrim ini meminimalisir jumlah kuliner hewan tersebut.
Kedua, ada kaitannya dengna kehadiran manusia dimana mereka berburu binatang-binatang tersebut untuk dijadikan masakan. Bagaimana bukti untuk mendukung teori tersebut?.Ada beberapa situs fosil di barat daya Amerika dimana tulang mammoth berisi kepala tombak telah ditemukan. 
Memang ada perdebatan tentang kedua teori tersebut, namun jalan tengahnya ada asumsi bahwa kedua teori tersebut ialah faktor yang menyebabkan punahnya mamalia khas zaman es. Lalu apakah zaman es akan kembali lagi?. 

Menurut periodenya sih akan muncul kembali tetapi masih ratusan mungkin jutaan tahun lagi. Pastinya generasi insan telah berubah ya?.
Gambar: cdm.org, ichef.bbci.co.uk