Blogger Jateng

Fakta Terbaru Planet Mars

Mars ialah planet keempat dari Matahari dan masuk kalangan planet terkecil kedua di Tata Surya. Planet yang menjadi tujuan hidup manusia di kala depan ini memang masih menyisakan misteri bagi ilmuwan.

Mars ialah nama Dewa Perang Romawi, mempunyai warna kemerahan bila dilihat dari Bumi melalui teleskop. Mars merupakan planet teresterial dengan atmosfer tipis yang tersusun atas karbon dioksida.
Berikut Profil Singkat Mars Diameter Ekuator : 6.792 km Diameter Kutub : 6.752 km Massa : 6,42 x 10²³ (10,7% Bumi) Satelit: Phobos dan Deimos Jarak Orbit : 227.943.824 km (1,52 AU) Periode Orbit : 687 hari (1,9 tahun) Suhu permukaan : -153 -20⁰ C Catatan pertama : 2000 SM Direkam oleh : Astronom Mesir
Mars merupakan planet keempat dari Matahari dan masuk kelompok planet terkecil kedua di Ta Fakta Terbaru Planet Mars
Planet Mars kawasan kehidupan insan selanjutnya
Mars dan Bumi mempunyai kenampakan permukaan hampir seperti Meski Mars cuma 15% volumenya dari Bumi dan 10% massa Bumi,2/3 permukaan Bumi tersusun atas air sementara Mars tidak. Mars ditutupi daratan tandus kering, namun di kutubnya terdapat lapisan salju. Gravitasi permukaan Mars hanya 37% dari Bumi, artinya anda bisa melompat 3 kali lebih tinggi di Mars.
Mars yaitu rumah dari gunung tertinggi di Tata Surya Gunung Olympus, sebuah gunung api perisai memiliki ketinggian 21 km dan berdiameter 600 km. Meski sudah terbentuk milyaran tahun kemudian, bukti dari pemikiran lava vulkanik membuat para ilmuwan yakin bahwa gunung ini maih aktif.
Hanya 18 misi ke Mars yang berhasil Hingga September 2014 setidaknya ada 40 misi ruang angkasa ke Mars namun cuma 18 saja yang sukses masuk orbit dan mendarat di Mars. Curiosity tiba di Mars pada 22 September 2014 sesudah dua tahun perjalanan. Selanjutnya Badan Antariksa India juga datang di Mars pada 22 September 2014. Misi berikutnya yakni Badan Antariksa Eropa ExoMars yang hendak mendaratkan robot di Mars.
Mars punya angin puting-beliung bubuk paling besar di Tata Surya Badai ini bisa bertahan selama berbulan-bulan dan menutupi keseluruhan planet. Musim di Mars sungguh ekstrim lantaran orbitnya berupa elips dan lebih panjang ketimbang orbit planet yang lain.
Matahari terlihat setengahnya dari ukuran di Bumi Saat titik terdekat dengan matahari, pecahan bumi selatan Mars akan lebih bersahabat ke matahari dan menjadikan informasi terkini panas yang singkat dan sangat panas sementara kepingan utara mengalami ekspresi dominan cuek yang singkat dan hambar. Saat titik terjauh dari matahari, potongan utara Mars akan menghadap matahari menimbulkan demam isu panas panjang dan ringan sementara serpihan selatan akan mengalami verbal dominan acuh taacuh panjang yang ekstrim.
Bagian Mars jatuh ke Bumi Para ilmuwan telah mendapatkan jejak kecil atmosfer Mars dalam meteor yang terlempar dengan keras dari Mars kemudian mengorbit sistem tata surya diantara puing-puing galaksi selama jutaan tahun sebelum mendarat di Bumi. Hal ini memungkinkan para ilmuwan mempelajari Mars sebelum mengantarkan misi ke sana.
Mars diambil dari nama Dewa Perang Romawi Orang Yunani kuno menyebut Planet Ares lalu orang Romawi juga melakukan hal sama. Menariknya budaya lain memfokuskan penamaan pada warna mirip orang Cina menyebutnya bintang api, orang Mesir menyebutnya Her Desher atau Merah. Warna merah di Mars disebabkan kerikil dan debu yang menutupi permukaannya kaya akan bagian besi.
Ada tanda keberadaan air di Mars Selama beberapa tahun Mars dimengerti punya lapisan es. Tanda pertama dari adanya air adalah adanya garis-garis gelap atau noda pada dinding kawah dan tebing dari citra satelit. Karena atmosfer Mars tipis maka air ini mesti asin biar tidak membeku atau menguap.
Mars akan memiliki cincin Dalam 20-40 juta tahun ke depan, satelit Mars Phobos akan hancur oleh gaya gravitasi yang hendak membuat cincin hingga 100 juta tahun lamanya.
Gambar: boomsbeat.com