Blogger Jateng

Fakta Tentang Black Hole atau Lubang Hitam

Lubang hitam atua Black Hole yakni salah satu bahan ajaib di alam semesta ini. Lubang hitam yaitu suatu massa berukuran raksasa dengan gravitasi sungguh kuat sehingga tidak akan ada yang bisa lepas bahkan cahaya sekalipun. 

Jenis lubang hitam paling umum ialah Supermassive Black Holes. Lubang hitam ini diciptakan di saat bintang berskala raksasa meledak, menyisakan lubang hitam dengan massa cuma beberapa kali matahari. Supermassive black hole ada di jantung pusat galaksi dan lazimnya   mengandung jutaan kali massa matahari.

Baca juga:
Perambatan panas di permukaan bumi
Bioma tundra dan ciri-cirinya
Beberapa Lubang Hitam Terkenal
Cygnus X-1, merupakan lubang hitam dan suber sinar x yang berjarak sekitar 6.500 tahun cahaya. Lubang ini merupakan tata cara biner yang terdiri dari bintang biru raksasa dan sumber sinar x yang dianggap sebagai lubang hitam
Sagitarius A, merupakan lubang hitam supermasif di jantung Galaksi Bima Sakti dengan arah rasi Sagitarius. Lubang hitam ini berisi massa sekitar 4 juta kali matahari.
M87, ialah galaksi elips yang mempunyai 3,5 miliar massa black hole di dalamnya. Lubang hitam ini dikelilingi oleh cakram super panas dan mempunyai materi jet yang dilapisi panas dengan panjang 5.000 tahun cahaya dari inti galaksi.
Centaurus A, merupakan galaksi yang terletak di rasi bintang Centaurus, berupa spiral raksasa dengan inti yang sungguh aktif. Galaksi ini berisi sebuah lubang hitam dengan massa 55 juta kali matahari di dalamnya. Black hole ini memiliki dua material jet yang mengalir menjauh dari galaksi sekitar setengah kecepatan cahaya melintasi ruang satu juta tahun cahaya. Baca juga: Unsur kehidupan penduduk desa
adalah salah satu materi aneh di alam semesta ini Fakta Tentang Black Hole atau Lubang Hitam
Ilustrasi Lubang Hitam
 Fakta Tentang Lubang Hitam
- Pengaruh gravitasi besar dari lubang hitam mendistorsi ruang dan waktu di lingkungan sekitarnya. Semakin akrab anda menuju lubang hitam, kian lambat waktu berlangsung. Material yang terlalu dekat dengan lubang hitam akan tersedot masuk dan tidak akan pernah kembali.
- Materi spiral masuk kedalam lubang hitam melalui cakram akresi, suatu cakram gas, abu, bintang dan planet yang jatuh ke orbit lubang hitam.
- Titik tak mampu kembali disekitar lubang hitam disebut "cakrawala insiden". Ini ialah kawasan dimana gravitasi lubang hitam menangani dikala-dikala pemintalan material disekitarnya dalam cakram akresi. Begitu ada sesuatu melintasi cakrawala insiden, maka beliau akan hilang ditelan lubang hitam.
- Lubang Hitam pertama kali disarankan pada periode ke 18 namun tetap menjadi misteri matematis sampai kandidat lubang hita pertama ditemukan pada 1964 yang dinamakan Cygnus X-1.
- Lubang Hitam tidak memancarkan radiasi sendiri. Mereka terdeteksi oleh radiasi yang dilepaskan dikala material dipanaskan  di cakram akresi dan juga oleh imbas gravitasi lubang hitam pada benda-benda terdekat yang lain mirip cahaya yang lewat. Baca juga: Fenomena permafrost atau tanah beku

Gambar: www.nasa.gov