Blogger Jateng

Dampak Interaksi Desa dan Kota

Kota dan Desa sama-sama ialah sebuah daerah penghidupan bagi insan di atasnya. Kota identik dengan kehidupan yang glamor, keras, perorangan dan rumit. 

Sementara desa terkenal dengan kehidupan yang nyaman, alami, kekeluargaan dan tenteram. Semua kota secara lazim pada mulanya berkembang dari pedesaan yang berkembang dari waktu ke waktu. 

Saat ini desa dan kota ialah dua kepingan tata cara kehidupan yang saling berinteraksi satu sama lain. Desa saat ini bertugas sebagai hinterland atau daerah penyokong kota. Beberapa kebutuhan kota dipasok dari desa terutama bahan keperluan pangan. 

Interaksi desa dan kota saat ini semakin intens sehingga menciptakan dampak bagi kedua belah pihak. Berikut ini efek interaksi desa dan kota di Indonesia.
sama merupakan suatu wilayah penghidupan bagi manusia di atasnya Dampak Interaksi Desa dan Kota
Desa kini berkembang menjadi tempat wisata
Dampak Positif Dampak aktual interaksi desa dan kota bagi kota ialah Kota akan menerima pasokan pekerja kelas menengah bawah dari desa untuk sektor industri, Bahan pangan tersedia mulai dari beras, sayuran, buah-buahan, Pertumbuhan kota semakin pesat karena banyaknya pembangunan dan Pendapatan tempat meningkat alasannya banyaknya masyarakatyang hijrah ke kota.
Sementara itu dampak faktual bagi desa adalah Pendapatan penduduk desa relatif meningkat, Tingkat pendidikan, kesehatan masyarakat desa mulai membaik, Pola pikir mulai rasional seiring masuknya isu dan teknologi, Fasilitas jalan mulai banyak dibangun, Banyak sektor rekreasi alam mulai dibangun di desa untuk menyanggupi kebutuhan rekreasi penduduk kota.
Dampak Negatif Dampak negatif interaksi desa kota bagi kota adalah Banyak timbul slum area atau pemukiman kumal di penggiran kota, Kota semakin padat dan menyebabkan kemacetan, Polusi meningkat, Volume sampah meningkat dan menghancurkan lingkungan dan Kriminalitas meningkat.
Sementara itu efek negatif bagi desa adalah Desa kian kelemahan tenaga produktif, Arus modernisasi merusak tata kehidupan tradisional penduduk desa, Lahan pertanian kian menyusut alasannya perluasan bisnis masyarakatkota dan Pencemaran mulai banyak meningkat di desa.
Itulah beberapa pengaruh interaksi desa dan kota baik yang faktual maupun negatif. Masih banyak lagi imbas lain yang ditimbulkan dan itu ialah sesuatu yang alami terjadi.

Baca juga: 
Air tanah freatik dan artesis
Menghitung sex ratio dan dependency ratio

Gambar: visitingjogja.com