Blogger Jateng

Tipe-Tipe Hutan Kota Menurut Lokasinya

Apakah kamu pernah pergi ke hutan?. Lalu bagaimana bila hutan berada di dalam kota?. Hutan kota ialah suatu area yang ditumbuhi vegetasi tertentu dan berada dalam daerah kota. Daerah ini termasuk dalam Ruang Terbuka Hijau atau RTH. Menurut UU Tata Ruang, jumlah sekurang-kurangnyaRTH dalam satu daerah ialah 30%  dari total luas daerah. 
Mengapa harus 30%?. Karena fungat vital dalam keberlanjutan kehidupan kota itu sendiri. Itulah sebabnya kota-kota di Indonesia ketika ini banyak membangun RTH publik untuk mengembangkan kenyamanan hidup warganya. 

Hutan kota intinya mampu menciptakan iklim mikro bagi kota. Keberadaan pohon dalam lingkungan hidup insan tentu akan menunjukkan suasana kesegaran itu sendiri sehingga akan meredam putus asa karena bisingnya kehidupan kota.
 Lalu bagaimana kalau hutan berada di dalam kota Tipe-Tipe Hutan Kota Menurut Lokasinya
Jalur Hijau penting bagi kenyamanan kota
Hutan kota bisa digolongkan dalam lima kelas berdasarkan letaknya: 1. Hutan Kota Pemukiman Dibangun dengan tujuan untuk menolong menciptakan lingkungan kehidupan yang tenteram dan memperbesar keindahan. Selain itu hutan kota pemukiman juga membuat udara bersih dan menyaring polusi.
2. Hutan Kota Industri Hutan ini dibangun erat daerah perindustrian dengan tujuan untuk menangkal limbah yang dihasilkan oleh acara industri mirip asap pabrik, limbah cairan dan limbah gas.
3. Hutan Kota Wisata Dibangun untuk menyanggupi kebutuhan rekreasi penduduk dengan dilengkapi akomodasi prasarana bermain bagi anak, remaja dan lansia. Hutan kota rekreasi banyak dibangun di kota-kota Indonesia dikala ini guna memperbesar fasilitas publik yang tenteram untuk berinteraksi.
4. Hutan Kota Konservasi Hutan ini dibangun untuk melestarikan suatu jenis vegetasi atau fauna tertentu. Contohnya ialah hutan kota di Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
5. Hutan Kota Pusat Kegiatan Hutan ini dibangun untuk meningkatkan kenyamanan penduduk dalam menggunakan akomodasi biasa seperti di pusat perbelanjaan, bandara, terminal, stasiun dan bandara. Adanya vegetasi mampu menolong merelaksasi insan saat berada di kerumunan. 

Coba lihat bandara Changi di Singapura yang punya taman hijau di tengahnya. Tentu para penumpang tidak akan merasa jenuh dan bosan saat menanti pesawat di sana.
Hutan kota mampu menyebarkan stabilitas ekonomi masyarakat karena mampu menarik minat penduduk sehingga menciptakan peluang industri. Back to Nature menjadi rancangan yang kembali dicanangkan oleh manusia ketika ini. 

Manusia tidak bisa hidup bila tidak ada tanaman sehingga keberadaannya perlu dilestarikan. Oleh alasannya adalah itu keseimbangan lingkungan sekarang lebih dipentingkan dalam perencanaan tata ruang suatu kota.
Gambar: mongabay