Blogger Jateng

Tipe Lipatan Pegunungan (Folded Mountain)

Lipatan pegunungan dihasilkan dari lempeng kerak bumi yang depresi dari dua arah. Saat lempeng tektonik tertekan, struktur lapisan batuan akan menimbulkan batuan melipat membentuk sebuah bukit, singkapan batuan dan formasi pegunungan.
Lipatan pegunungan tercipta dari pross orogenesa. Orogenesa memerlukan waktu jutaan tahun untuk menciptakan lipatan pegunungan. Tapi kau bisa membuatnya dalam hitungan detik dengan menggunakan media taplak meja yang kau tekan hingga melipat. 

Baca juga:
Jenis-jenis presipitasi di atmosfer
Perbedaan batuan beku dalam dan luar
Lipatan pegunungan sering diasosiasikan dengan kerak benua. Mereka diciptakan di batas lempeng konvergen, kadang kurun disebut juga zona tumbukkan atua zona kompresi. Dalam zona kompresi, gaya tektonik menciptakan batuan di tepi benua menjadi kurang stabil sehingga mereka sangat rentan kepada pelipatan.
Lipatan pegunungan dihasilkan dari lempeng kerak bumi yang tertekan dari dua arah Tipe Lipatan Pegunungan (Folded Mountain)
Pegunungan Alpen
Deformasi batuan terjadi karena ada gaya tegasan sehingga batuan bergerak dari kedudukan permulaan sehingga membentuk lengkungan. Menurut bentuk lengkungannya, lipatan dibagi menjadi sinklin dan antiklin. Sinklin yakni bentuk lipatan yang cekung ke arah bawah sementara antiklin ialah lipatan yang cembung ke atas.
Pegunungan Lipatan biasa dijumpai di seluruh dunia seperti Himalaya, Andes, Alpen ialah contoh pegunungan lipatan aktif. Himalaya membentang dari perbatasan Cina, India, Nepal, Pakistan. Himalaya terbentuk dari goresan lempeng India dengan lempeng Eurasia. 

Himalaya tersusun atas batuan sedimen sepeti serpih dan kapur. Sementara batuan metamorf mencakup sekis dan gneiss. Intrusi batuan beku juga timbul di sela-sela pegunungan Himalaya. Baca juga: Pola anutan sungai di permukaan bumi
Pegunungan Andes ialah rangkaian pegunungan terpanjang di dunia, membentang di pantai barat Amerika Latin melewati Ekuador, Peru, Bolivia, Cile dan Argentina. Batuan sedimen dan metamorf Andes tercipta dari beberapa gunung api aktif dan non aktif yang ada di dalamnya. 
Yuk subscribe channel ILMUGURU!
Alpen merupakan puncak dari semenanjung Italia. Ia membentang di seluruh Italia, Slovenia, Austria, Jerman, Swiss, Leichenstein, Monaco dan Perancis. Lempeng kecil Adriatic menabrak lempeng Eurasia di utara. Geologi Alpen termasuk batuan sedimen dan metamorf, sementara batuan beku berasal dari dasar laut yang kemudian terangkat dalam proses lipatan. Baca juga: Potensi air tanah permukaan dan dalam
Lipatan pegunungan dihasilkan dari lempeng kerak bumi yang tertekan dari dua arah Tipe Lipatan Pegunungan (Folded Mountain)
Proses Pelipatan Batuan

Tidak semua lipatan pegunungan bisa timbul ke permukaan membentuk puncak. Appalachian membentang di sepanjang pantai timur Amerika Utara mempunyai relief rendah dengan lereng yang tidak curam. Jutaan tahun kemudian Appalachia lebih tinggi dari Himalaya tetapi mengalami pengikisan. 
Appalachian mulai melipat sekitar 480 juta tahun lalu ketika lempeng Amerika Utara bertabrakan dengan lempeng Afrika kemudian aktifitas tektonik menimbulkan superbenua Pangaea terpisah. Baca juga: Kerak benua dan kerak samudera
Lipatan pegunungan dihasilkan dari lempeng kerak bumi yang tertekan dari dua arah Tipe Lipatan Pegunungan (Folded Mountain)
Sumbu Lipatan Pegunungan
Menurut sumbu lipatannya, ada empat jenis folded mountain ialah 1. Lipatan Tegak (Symetrical Folds), merupakan lipatan pegunungan dengan sumbu pelipatan tegak lurus dengan bidang horizon tanah sehingga kedua sayap sama persis. 2. Lipatan Miring (Asymetrical Folds), merupakan lipatan pegunungan dengan sumbu pelipatan miring dengan bidang permukaan tanah. 3. Lipatan Menggantung (Overturned Folds), ialah lipatan pegunungan dengan sumbu pelipatan kurang dari 45 derajat sehingga bikin salah satu sisinya tampakmenggantung. 4. Lipatan rebah (Recumbent Folds), ialah lipatan pegunungan dengan sumbu lipatan hampir sejajar dengan permukaan tanah sehingga tampakmenindih lapisan dibawahnya. Baca juga: Rumus teori titik henti
Lipatan pegunungan dihasilkan dari lempeng kerak bumi yang tertekan dari dua arah Tipe Lipatan Pegunungan (Folded Mountain)
Tipe Lipatan Pegunungan

Ahli geologi juga menciptakan klasifikasi lipatan pegunungan menurut bentuk khasnya yaitu: 1. Monoklin, merupakan lipatan pegunungan dimana semua lapisan batuan memiliki arah kemiringan yang sama. 2. Chevron, ialah lipatan berupa tajam dengan lapisan batuan seperti zig-zag. 3. Slump, terbentuk dari masswasting. 4. Ptygmatic, ialah lipatan pegunungan yang terbentuk dari material yang kental lazimnya batuan metamorf yang mencair ke dalam lapisan batuan. 5. Disharmonic, ialah lipatan pegunungan yang menunjukkan gugusan batuan dengan jenis bertentangan pada setiap lapisannya. Baca juga: Perbedaan stalaktit dan stalagmit
Gambar: s3.amazonaws.com, www.tulane.ed upload.wikimedia.org, flugplatzwangen.ch