Blogger Jateng

Tipe Iklim Indonesia: Af

Iklim ialah keadaan rata-rata atmosfer dalam waktu lama, sekurang-kurangnya30 tahun. Lalu Indonesia masuk tipe iklim mirip apa sih?. Menurut letak astronomisnya, Indonesia masuk klasifikasi iklim tropis. 

Variabel utama untuk mengelompokkan iklim Indonesia tidak hanya suhu atau tekanan udara, tetapi curah hujan. 

Dibelah oleh khatulistiwa, Indonesia memiliki tipe iklim hampir seluruhnya adalah tropis, dengan suhu dataran pantai rata-rata 28° C, pedalaman dan kawasan pegunungan rata-rata 26° C, dan kawasan pegunungan tinggi rata-rata 23° C. 

Kelembaban relatif di semua kawasan cukup tinggi, dan berkisar antara 70 dan 90 persen. Baca juga: Jenis-jenis front cuaca
Variasi curah hujan yang diterima tiap tempat dipengaruhi oleh sirkulasi angin isu terkini atau monsoon. Secara biasa , ada mulut lebih banyak didominasi kemarau (Juni hingga September), dan animo hujan (Desember-Maret). Oktober - Nopember dinamakan ekspresi dominan pancaroba atau peralihan.

Bagian barat dan utara Indonesia mengalami curah hujan yang lebih besar, alasannya adalah dari utara ke barat bergerak awan hujan yang berat dengan kelembaban tinggi  sampai meraih kawasan pedalaman. 

Sumatera Barat, Jawa, Bali, interior Kalimantan, Sulawesi, dan Irian Jaya adalah daerah yang paling lembab dari Indonesia, dengan curah hujan berkisar lebih dari 2.000 milimeter per tahun. Baca juga: Jenis-jenis patahan geologi
 Lalu Indonesia masuk tipe iklim seperti apa sih Tipe Iklim Indonesia: Af
Curah Hujan Indonesia Nopember 2016, pic: bmkg
Topan kecil mampu menghantam Kepulauan Indonesia antara September dan Desember, dan dapat mengakibatkan angin ribut hujan dan angin kencang.  Namun, tidak setiap Topan yang melanda Indonesia yakni Topan besar lengan berkuasa seperti Tornado, dan dalam beberapa tahun hanya beberapa Topan terjadi selama informasi terkini badai tropis.
Pakaian katun ringan dianjurkan dipakai sepanjang tahun, dengan payung atau jas hujan untuk pergeseran cuaca secara datang-datang. Sebuah sweater diperlukan di tempat pedalaman pegunungan. 


Tidak peduli di mana Anda pergi, bersiaplah untuk suhu tinggi dan kelembaban. Menurut klasifikasi Koeppen-Geiger Iklim Indonesia bisa diklasifikasikan selaku Tipe Af dengan ciri suhu panas, iklim tropis lembab dengan rerata suhu semua bulan di atas 18 °C. Bagaimana? Sudah paham karakter iklim Indonesia?.

Baca juga: WMO mengeluarkan 11 tipe awan baru lho!