Blogger Jateng

Ruang Kelas Yang Baik

Sudah nyaris 6 tahun aku menggeluti profesi guru dan selama itu juga aku mengamati berbagai hal perihal sekolah. Salah satu bagian yang saya perhatikan yaitu ihwal ruang kelas. Sebetulnya ruang kelas yang bagus itu mirip apa sih?. 

Artikel ini juga aku tulis menurut pengalaman research di aneka macam blog sekolah bule dan perbandingannya dengan sekolah di Indonesia.
Ruang kelas pastinya adalah salah satu fasilitas utama belajar siswa di sekolah. Ruang kelas tentu harus nyaman biar siswa dapat mencar ilmu dengan baik. Nyaman itu dalam hal apa saja?. Nyaman ditempat, tenteram dilihat, dan tenteram lainnya. Satu hal yang jadi perhatian aku yakni wacana pernak-pernik-ornamen kelas. 
Di luar negeri tidak ada kelas yang dinding-dindingnya kosong, dibiarkan bersih tanpa ada pernak-pernik atau hasil karya siswa terpajang di sana. Mengapa hasil karya siswa harus dipajang di kelas atau sekolah?.
1. semoga siswa merasa dihargai hasil karyanya 2. semoga menjadi sumber pengetahuan bagi semua orang 3. agar situasi kelas menjadi garang, tidak kaku
Saya sangat miris sekali bila melihat ruang kelas atau sekolah yang begitu kaku, tidak ada satu pun hasil karya siswa atau isu menempel di dinding. Saya dulu bahkan tertawa periode ada pimpinan yang bilang karya siswa jangan di tempel di kaca atau dinding nanti menghancurkan cat atau beling katanya?. Hello, itu pimpinan ngerti pendidikan atau enggak sih? kok bisa jadi kepala sekolah. 
 tahun saya menekuni profesi guru dan selama itu juga saya mengamati berbagai hal tentang  Ruang Kelas Yang Baik
Ruang Kelas Yang Kaku, Dingin
Sekolah sejatinya yakni menjadi sumber wawasan baik untuk siswa maupun siapapun yang berkunjung ke sana. Bayangkan saja jikalau ada orang tua siswa yang datang ke sekolah mengambil raport anaknya. Ia cuma masuk kelas, ngambil raport kemudian kembali lagi ke rumah tanpa ada nilai tambah yang ia mampu dikala ke sekolah alasannya adalah tidak ada informasi yang menarik yang muncul di sana. 
Bandingkan kalau kelas atau dinding sekolah sarat dengan ornamen hasil karya siswa atau berita keterangan lain. Tentunya sekurang-kurangnyaorang bau tanah siswa akan menyaksikan gambar tersebut dan sesudah menyaksikan pastinya akan ada rasa "ingin tau toh?". Lalu dia membaca dan dapatlah isu gres. Itulah salah satu fungsi sekolah selaku sumber pengetahuan buat siapa saja.
 tahun saya menekuni profesi guru dan selama itu juga saya mengamati berbagai hal tentang  Ruang Kelas Yang Baik
Ruang Kelas Yang Bergairah, pic: www.radioaustralia.net.au
Makara secara tidak langsung, sekolah harus bisa membangun minat baca, mencar ilmu kepada khalayak. Saya pun saat berkunjung ke sekolah yang banyak ornamen kelasnya niscaya akan melihat lalu membaca isinya alasannya adalah aku tertarik. 

Jadi kelas yang kosong hanya cat putih saja pasti mirip di gua (gua saja banyak ornamen nya), cuek tidak ada pesona informasi. Makara ruang kelas yang bagus salah satunya memang harus menampung semua hal baik itu hasil karya siswa, peraturan, foto kelas dan yang lain. Dengan demikian maka siswa akan senang berada di kelas dan bergairah belajar. Makara mari hias sekolah dan ruang kelas kita agar lebih menarik.