Blogger Jateng

Permafrost, Tanah Membeku Abadi

Tanah di Indonesia pada dasarnya berkisar dari kering hingga lembab, namun bagaimana bila tanah tersebut membeku atau Permaforst?. 

Meskipun banyak insan hidup di kawasan permafrost seperti Siberia, Kanada dan Alaska tetapi membangun arsitektur di atas permafrost sangat sulit. 

Bangunan nantinya akan menaikan suhu lapisan tanah sehingga es akan mencair. Dampaknya, bangunan akan tenggelam atau runtuh ke dalam lumpur. 

Baca juga:
Genesa batu basal, bentuk dan cirinya
Pengertian biodiversitas hayati dan dampaknya bagi lingkungan
Apa itu permafrost? Permafrost yakni lapisan es beku di bawah permukaan bumi yang didalamnya bisa mengandung tanah, kerikil dan pasir. 

Permafrost lazimnya berada di pada lapisan tanah dengan suhu dibawah 0⁰ C selama minimal dua tahun.
Permafrost mampu ditemukan di tanah yang berada di bawah lantai samudera dan di tempat dimana suhu jarang naik di atas titik beku. Sebarannya antara lain di Greenland, Alaska, Russia, Cina dan Eropa Timur.
Tanah di Indonesia pada dasarnya berkisar dari kering hingga lembab Permafrost, Tanah Membeku Abadi
Tanah Permafrost
Ketebalan permafrost berkisar dari 1 meter hingga lebih dari 1.000 m. Lapisan tanah ini meliputi 22.8 juta km persegi di cuilan bumi utara. Tanah beku tidak senantiasa sama dengan permafrost. 

Lapisan tanah yang membeku selama lebih dari 15 hari per tahun disebut "tanah beku musiman". Lapisan tanah membeku antara 1 - 15 hari dalam setahun disebut "tanah membeku sementara". Sementara permafrost membeku selama dua tahun lebih.
Permafrost tidak selalu terbentuk dalam satu horison tanah, namun ada dua cara utama untuk menggambarkan sebarannya adalah: continous dan discontinuous. Baca juga: Tipe-tipe pertanian di Indonesia
Continuos permafrost yaitu lapisan tanah beku yang luas di daratan misalnya di Siberia Russia. Sementara discontinuous permafrost merupakan lapisan tanah beku yang terpisah-pisah oleh vegetasi, pegunungan sepanjang tahun. 

Di daerah ini, matahari ekspresi dominan panas melelehkan es selama beberapa ahad atau bulan. Contohnya ada di kawasan Teluk Hudson Kanada.
Tanah di Indonesia pada dasarnya berkisar dari kering hingga lembab Permafrost, Tanah Membeku Abadi
Tipe Permafrost
Permafrost sangat kaya akan kandungan karbon organik. Menurut perkiraan, lapisan permaforst mengandung 1700 miliar ton karbon organik atau dua kali lipat total karbon di atmosfer. 

Saat tanah membeku, karbon tersimpan di dalamnya namun dikala es mencair dekomposisi materi organik melalui mikroba akan berkembangtajam sehingga sebagian karbon terlepas ke atmosfer selaku CO₂. Baca juga: Pergerakan angin muson di Indonesia
Ilmuwan yang meneliti permafrost mampu mengenali pergantian iklim di bumi dengan memperhatikan pergeseran permafrost. Studi memperlihatkan bahwa permafrost bumi menghangat 6⁰ C selama masa ke 20. Ilmuwan memprediksi bahwa permafrost akan mencair pada 2100. 
Lapisan es yang mencair akan menaikkan permukaan air laut dan meningkatakan pengikisan. Erosi terjadi dikala permafrost mencair alasannya adalah tanah dan sedimen mudah hanyut tanpa es yang mengikat agregat tanah. 

Baca juga: Sebab munculnya embun salju di Dieng 
  Gambar: alaskakids.org