Blogger Jateng

Letak Strategis Indonesia dan Pengaruhnya

Geografi pada dasarnya yakni ilmu yang membahas tentang lokasi. Oleh sebab itu di desain geografi IGI, lokasi ada di urutan pertama. Dari lokasi inilah nanti berkembang berbagai macam analisa hingga bisa dijabarkan secara rinci. 

Kali ini kita aka bahasa tentang lokasi Indonesia dari berbagai sudut pandang. Baca juga: Morfologi perairan Indonesia
Letak Astronomi Letak astronomi berkaitan dengan posisi garis lintang dan garis bujur. Indonesia ada diantara 6 LU - 11 LS dan 90 BT - 141 BT. Lalu apa yang didapatkan dari angka tadi?. Dengan memerhatikan letak astronomis tersebut maka bisa dideskripsikan perihal:
- seberapa panjang dan lebar daerah kepulauan Indonesia. - dari letak astronomi tadi, mampu ditarik kesimpulan Indonesia berada di daerah iklim tropis dengan dua jenis isu terkini, ialah penghujan dan kemarau. Letak astronomis tersebut juga menciptakan Indonesia bebas dari jalur siklon tropis yang mampu menghancurkan seperti Topan Haiyan di Filipina.  - dengan curah hujan tinggi, Indonesia menjadi salah satu paru-paru dunia alasannya adalah banyak terdapat hutan hujan tropis. Baca juga: Mau tau fakta ihwal black hole?
Letak Geologi Berkaitan dengan posisi lempeng tektonik. Indonesia berada di batas konferensi empat lempeng aktif yaitu Eurasia, Indo-Australia, Pasifik dan Filipina. Dampak dari letak geologis Indonesia adalah: - banyak ditemukan deposit mineral tambang bernilai tinggi. - morfologi yang beranekaragam alasannya aktifitas lipatan pegunungan dan vulkanisme. - banyak terjadi peristiwa geologi seperti gunung meletus, longsor dan tsunami.
Geografi pada dasarnya adalah ilmu yang membahas tentang lokasi Letak Strategis Indonesia dan Pengaruhnya
Indonesia terletak di cincin api Pasifik
Letak Geografis Berkaitan dengan posisi Indonesia dengan negara lain, daratan dan lautan. Indonesia ada diantara dua benua besar ialah Asia dan Australia dan berada diantara Samudera Pasifik dan Hindia. Dampaknya yakni:  - menjadi jalur lintas perdagangan potensial dunia. - terwujudnya kerjasama regional seperti ASEAN dan APEC. - banyak terdapat sumber daya kelautan. - selaku jalur transit ekonomi dunia.
Letak Sosio Kultural Berkaitan dengan kondisi peradaban negara kita yang memiliki dampak pada: - Indonesia selaku negara maritim dan agraris. - selaku kawasan lahirnya peradaban tinggi di dunia. - negara multikultur di dunia.
Letak Ekonomi Indonesia menjadi pintu lintas perdagangan dunia lantaran berada di antara dua daratan dan dua samudera. Hal ini mempunyai pengaruh pada: - pesatnya industri pariwisata. - banyaknya investasi gila yang masuk. - acara ekspor semakin berkembang pesat.
Gambar: norfolkvolcano.files.wordpress