Blogger Jateng

Komet dan Bagian-Bagiannya

Komet ialah benda antar planet yang tersusun atas bongkah es dan debu yang meluncur sungguh cepat melintasi tata surya. Orbit komet mengitari Matahari berbentuk elips pipih (sangat lonjong) tidak seperti orbit planet yang hampir berupa lingkaran. 

Jika kamu mujur, kau mungkin dapat melihat komet di langit adalah berupa pijar cahaya mirip sebuah ekor panjang atau rambut panjang wanita. 

Oleh karena itu komet sering disebut bintang berekor atau bintang berambut panjang. Kata komet sendiri berasal dari bahasa Yunani "kometes" yang mempunyai arti berambut panjang. Baca juga: perbedaan planet inferior dan superior
Bagian-Bagian Komet Tubuh komet tersusun dari inti, koma, awan hidrogen dan ekor. Saat komet masih menjauh dari matahari dan dilihat pertamakali di langir, bagian yang nampak yaitu inti. Inti ini yakni bagian padat yang mirip bintang yang amat kecil. Daerah kabut atau seperti tabir di sekitarinti ialah koma. Inti dan koma membentuk kepala komet.
Komet merupakan benda antar planet yang tersusun atas bongkah es dan debu yang meluncur sa Komet dan Bagian-Bagiannya
Bagian-Bagian Komet
Mengapa ekor komet berganti dan arahnya selalu menjauh dari matahari? Saat inti komet mendekati matahari, panas matahari melebur dan menguapkan bahan-bahan di permukaan luar inti. Gas-gas yang lolos yang membawa debu halus membaur ke dalam koma. 

Gas-gas ini lalu dihalau menjauh dari matahari oleh angin matahari dan tekanan radiasi matahari. Gas-gas yang dihalau ini membentuk ekor komet yang arahnya pasti menjauh dari matahari. Baca juga: cara meramal cuaca

Mengapa kamu bisa melihat ekor komet? Ada dua karena. Pertama, gas-gas dan debu yang dimuat oleh komet memantulkan cahaya matahari. Kedua, sebagian gas dan debu menyerap sinar UV dan mengeluarkannya dalam bentuk cahaya terlihat . Dengan begitu maka ekor komet yaitu gas bercahaya yang terbentuk dikala komet lewat dekat matahari.
Komet terlihat paling terang dengan ekor paling panjang dikala berada di perihelium ialah titik terdekat dengan matahari. Setelah mencapai perihelium, komet bergerak menjauhi matahari. Dalam perjalanannya di ruang angkasa, komet kehilangan sebagian masanya sehingga ekornya kian pendek dan memudar secara  perlahan. 

Akhirnya komet kehilangan sebagian besar masanya dan lenyap di angkasa selaku bongkahan batuan komet tetapi bongkah batuan terus berlanjut mengitari matahari. Jadi ekor komet berganti-ubah panjangnya sesuai dengan jaraknya dari Matahari. 
Komet merupakan benda antar planet yang tersusun atas bongkah es dan debu yang meluncur sa Komet dan Bagian-Bagiannya
Orbit Komet
Komer periodik dan non-periodik Komet digolongkan atas komet periodik dan komet non periodik. Komer periodik yakni komet yang penampakannya mampu dilihat dalam selang waktu yang berkala. Komet-komet ini mengitari Matahari dalam masa mulai dari 3.3 tahun sampai dengan 150 tahun. Komet non periodik tidak bisa diperkirakan penampakannya karena periodenya sangat lama. Baca juga: konjugnsi dan elongasi planet
Komet perodik yang paling terperinci sepanjang sejarah yaitu komet Halley dengan kala 76 tahun. Komet ini bergotong-royong ditemukan pertama kali oleh G. Dorffel 15 Agustus 1682. Biasanya komet dinamakan sesuai dengan nama penemunya namun Halley sukses memperkirakan penampakan kembali komet ini adalah 76 tahun maka untuk menghormatinya dinamakan komet Halley.
Komet dengan abad paling singkat yakni kome Encke yang mempunyai era 3.3 tahun. Sementara komet dengan abad paling lama yang sudah pernah terlihat lebih dari satu kali ialah Grigg Mellish yang periodenya 164.3 tahun.
Komet merupakan benda antar planet yang tersusun atas bongkah es dan debu yang meluncur sa Komet dan Bagian-Bagiannya
Komet Halley 1986
Apakah komet akan musnah selamanya? Komet suatu waktu akan menghilang selamanya. Ini didasarkan atas fakta berikut. Pada tahun 1826 astronom Wilhem Von Biela menyaksikan salah satu dari komet musnah. Komet  ini sudah terlihat berulang kali dan setiap penampakannya sudah diamati oleh beberapa astronom. 

Kemudian pada tahun 1846 komet yang dilihat Biela terpecah menjadi dua, membentuk sepasang komet. Akhirnya kedua komet ini terpecah lagi menjadi cuilan-cuilan yang sangat kecil dan susah dilihat.  Baca juga: Sistem Koordinat Geografi
Bagaimana komet terbentuk? Selama ini para ilmuwan menerka bahwa komet ialah cuilan kecil yang tertinggal saat tata surya dan planet-planet terbentuk. Komet dianggap pula selaku semacam tembok dari tata surya.

Gambar: 
space-exploratorium.com oldweb.aao.gov.au/i passmyexams.co.uk