Blogger Jateng

Kewajiban Indonesia

Saat ini geografi menjadi disiplin ilmu penting dalam kehidupan insan. Tentunya untuk mendukung kondisi tersebut, peranan ILMUGURU yang handal mutlak mesti dipenuhi agar proses mencar ilmu mengajar geografi mampu disajikan dengan baik dan gampang dipahami siswa serta siswa memiliki contoh pikir kritis dan inovatif dalam hidupnya. Inilah keharusan ILMUGURU yang memang sangat menantang di era modern mirip dikala ini.
Supaya proses pembelajaran di kelas dapat mencapai target dan tujuan yang telah ditentukan, seorang guru wajib melaksanakan acara berikut: Gambar: sunjournal.com
Saat ini geografi menjadi disiplin ilmu penting dalam kehidupan manusia Kewajiban  Indonesia
Melukis Globe di Buah Labu
1. Menyeleksi bermacam-macam sumber pengajaran yang mau dihidangkan kepada siswa. Tujuannya semoga sumber pembelajaran yang digunakan sesuai dengan bahan atau topik bahasan yang mau diberikan di kelas. Diharapkan guru selalu update dan mencari fenomena geosfer yang faktual dan menarik.
2. Menyesuaikan bahan yang hendak disampaikan sesuai dengan level atau tingkat kemajuan anak. Tujuannya semoga bahan yang disampaikan mampu dicerna dan diterima oleh anak dengan baik dan gampang. Carilah bahan yang tidak terlalu berat alasannya untuk anak Sekolah Menengan Atas, level yang diminta paling tinggi yaitu analisa. 
3. Menguasai Materi Geografi. Hal ini berhubungan dengan tugas yang beliau emban sebagai pengampu mata pelajarna geografi. Tanpa penguasan amteri yang bagus, maka seorang ILMUGURU tidak mampu melakukan pengajaran dengan baik di kelas.

 Guru harus membaca terlebih dulu isi kurikulum geografi di silabus atau SKL. Setelah itu beliau mesti mencari materi-materi terbaik yang mau disampaikan terhadap siswa.
4. Menguasai Tujuan Pengajaran Geografi. Penguasaan akan tujuan pengajaran sangat dibutuhkan oleh seorang guru alasannya tanpa penguasaan tujuan pengajaran maka seorang guru tidak akan bisa menyampaikan berbagai macam bahan geografi secara runtut dan terperinci yang berakibat pada tidak tercapainya tujuan pengajaran.
5. Memetakan Perkembangan Taraf Berpikir Anak. Perkembangan usia dan mental siswa perlu diamati dan dipetakan oleh guru. Hal ini berkhasiat untuk menyesuaikan tingkat kesusahan bahan yang mau diajarkan dengan kesanggupan siswa tersebut. Ada anak yang cepat menyerap materi dan ada juga yang lambat. Guru mesti mampu mengakomodasi semua kebutuhan anak tersebut.